Sumber: nu.or.id

Nunukan, Liputanislam.com– Gerakan Pemuda (GP) Ansor mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk terus memperkuat paham empat pilar berbangsa, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Keempat pilar berbangsa itu merupakan perekat dan pengikat kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia yang beragam ini.

Hal itu disampaikan M Haerul Amri mewakili Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor H Yaqut Cholil Qomas pada apel Kirab Satu Negeri zona Nunukan di area Tugu Dwikora Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (16/9).

Kita ingin semua orang, mayoritas masyarakat yang toleran dan cinta persatuan, berani bersuara, tidak lagi memilih diam,” ucapnya.

Menurut Amri, GP Ansor  ingin agama menjadi rahmah, sumber kasih sayang dan perdamaian, sebagaimana telah dipraktikkan berabad-abad oleh nenek moyang kita. Menjadikan Indonesia yang majemuk namun hidup rukun dan damai. Indonesia menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia.

Sementara kepada peserta kirap, ia berpesan agar mengajak setiap anak bangsa yang ditemui untuk bersama-sama menjaga negeri ini.  “Kemukakanlah dengan gamblang tujuan-tujuan mulia kita. Ajaklah mereka, libatkan mereka, gandeng mereka agar ikut serta berjalan seiring dengan kita mengibarkan Merah Putih ke seantero negeri,” ungkapnya.

“Karena meskipun kita berbeda suku, etnis, agama, bahasa, budaya, selera dan seterusnya, namun hakikatnya mempunyai lebih banyak kesamaan,” tambahnya. (ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*