Foto: Damar Panji Wijaya/Detik.com

Foto: Damar Panji Wijaya/Detik.com

Yogyakarta,LiputanIslam.com-Damar Panji Wijaya (20th), mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) memenangi lomba desain poster Hari Standar Dunia. Lomba tersebut diselenggarakan oleh International Standardization Organization (ISO) yang berpusat di Jenewa, Swiss.

Seperti di kutip dari laporan Detik.com, Damar menumbangkan desain Khyati Trehan (India), Muaiad Fraha (Inggris), Daira Hernandez dan Diana Asprilla (Kolombia). Keempat orang tersebut dinyatakan sebagai pemenang runner up.

Uniknya desain poster Damar hanya berupa gambar dadu berwarna biru. Sisi-sisi dadu bergambar 6 noktah. Maknanya, dadu itu menggambarkan kesetaraan mendapatkan peluang maksimal dalam kompetisi bisnis.

“Saya hanya ingin menggambarkan, dadu itu menawarkan peluang dan kesempatan,” kata Damar kepada wartawan di Kampus UGM, Rabu (29/10/2014).

Damar tidak hanya mengirim 3 poster di lomba tersebut. Dia juga mengirim 2 poster lain bergambar podium para juara dan power game. Namun tim juri memilih gambar dadu. Penentuan pemenang dilakukan voting oleh dewan juri terhadap 10 finalis.

Sebagai pemenang utama, Damar menerima hadiah uang senilai CHF 1.500 atau sekitar Rp 19 juta yang langsung dikirimkan ke rekening pribadinya.

164112_posterdamar

Foto: Poster Karya Damar Yang Menjuarai Lomba/iso.org

Damar mengaku tidak terlalu serius mengikuti lomba poster dan baru dua kali ikut lomba. Sebelumnya, ia lebih sering mengikuti lomba desain iklan yang diadakan oleh beberapa perusahaan. Tak sekalipun ia juara. Paling-paling hanya masuk 10 besar.

Kecintaan Damar pada seni desain grafis bermula saat aktif sebagai tenaga penata letak buletin Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus. Meski tidak paham, mau tidak mau, dia harus belajar tentang desain grafis.

“Semuanya belajar secara otodidak dan lama-lama bisa. Kalau untuk konsep poster yang penting sederhana, tapi pesan dari isi poster bisa tersampaikan,” pungkasnya.

ISO merupakan organisasi non-pemerintah yang anggotanya berasal wakil dari setiap negara dan perumus standar teknis terbesar di dunia. Para perayaan World Standard Day yang jatuh pada 14 Oktober lalu, poster Damar menghiasi kantor perwakilan ISO di berbagai negara. (fie)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL