Sumber: kabar24.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Rusia, Wahid Supriyadi mengatakan bahwa pihaknya akan kembali menggelar festival budaya Indonesia di Moskow Rusia yang rencananya akan berlangsung pada 2-4 Agustus 2019 mendatang. Festival yang digelar untuk keempat kalinya ini bertujuan mempromosikan budaya Indonesia sekaligus memperkenalkan produk dalam negeri sehingga dapat meningkatkan ekspor.

Demikian itu disampaikan Wahid saat jumpa pers di Media Center, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta Pusat, pada Kamis (28/2).

“Festival Indonesia bukan hanya mempromosikan Indonesia di Rusia, tapi juga Rusia di Indonesia. Ini juga kesempatan baik untuk memperkenalkan produk Indonesia,” ucapnya.

Wahid menjelaskan, festival nantinya akan diadakan di Krasnaya Presnya, salah satu taman terbesar dan terpopuler di Kota Moskow. Rencana akan ada 100 stan yang nantinya memamerkan produk dalam negeri, terutama produk yang berasal dari usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Festival ini target ada 100 booth, 70 booth akan kita alokasikan untuk UMKM, dan kita berikan gratis booth dengan ukuran 3×3. Saat ini sudah ada 100 lebih UMKM yang mendaftar untuk festival. Selebihnya kita minta perusahaan yang sudah mapan untuk bayar booth mereka,” ujarnya.

“Kemudian juga ada stan/booth untuk pemprov. Di Pulau Jawa yang sudah confirm hadir semua akan partisipasi kecuali Banten, kemudian juga dari Aceh itu langganan ikut, Sumatera Barat, Bangka, Makassar. Inilah kesempatan kita untuk memamerkan produk dalam negeri,” ungkapnya.

Wahid berharap festival budaya ini menjadi daya pikat masyarakat Rusia untuk mengunjungi Indonesia. “Wisatawan Rusia ke Indonesia itu selalu meningkat, tahun 2016 itu meningkat 22,54%, tahun 2017 naik 37,28% dan terakhir tahun 2018 meningkat 6,95% sedikit tapi naik,” tandasnya. (aw/detik).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*