Fadhilah/bbcindinesia.com

Fadhilah/bbcindinesia.com

London, LiputanIslam.com – Satu lagi calon doktor muda dari Indonesia yang tengah menuntut ilmu di London, Inggris. Fadhilah Muslim (24) tengah berjuang mengejar gelar doktor di Imperial College London untuk mempelajari beton agar lebih tahan lama.

Fadhilah yang juga merupakan lulusan Teknik Sipil FT UI tahun 2012, kini tengah meneliti metode meningkatkan durabilitas struktur beton. Fadhilah mengungkapkan ketertarikannya untuk meneliti durabilitas beton, salah satu alasannya karena tidak banyak ahli atau insinyur sipil di Indonesia yang menekuni tentang beton. Minimnya ahli beton di Indonesia juga berdampak pada tidak terlalu berkembangnya beton di Indonesia.

Fadhilah mengambil masternya di Science of Materials for Sustainable Construction di Departemen Teknik Sipil, Ecole des Ponts, ParisTech (ENPC) dan meneliti tentang beton yang ramah lingkungan.

Fadhilah Muslim dilahirkan pada tanggal 23 September 1990 dan juga merupakan asli putri Minangkabau. Fadhilah mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melanjutkan studi doktornya di jurusan Concrete Durability Group, Civil Engineering and Environmental Engineering Department, Imperial College London.

“Beton (yang disebut) ramah lingkungan karena menggunakan tanah atau clay (kaolinit) yang diolah kemudian menghasilkan material untuk menggantikan semen. Semen itu sendiri pada saat memproduksi menghasilkan CO2 yang menyebabkan pencemaran. Jadi mengurangi penggunaan semen berarti mengurangi pencemaran udara,” kata Dhila, seperti dilansir dari BBCIndonesia.

Fadhilah mengungkapkan keinginannya untuk mendirikan pusat penelitian struktur dna material beton di Indonesia. Ia berharap melalui pusat penelitiannya itu, ia dapat mengaplikasikan ilmu yang sedang dipelajarinya dan mengembangkannya untuk Indonesia.

Dalam mengejar cita-citanya Fadhilah berprinsip “Bermimpilah dengan niat yang baik, berusahalah dengan keras, dan berdoalah dengan khusyuk dan ikhlas. Maka apapun hasilnya, itulah yang terbaik untuk kita” pungkasnya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*