11395_9630_OKE-Foto-Boks-Ebbie1

Jakarta, LiputanIslam.com – Sepanjang umur manusia jika dikalkulasikan secara sederhana nampaknya mungkin benar adanya tidak akan cukup untuk menjelajahi keindahan dan pesona Indonesia. Namun mimpi tersebut dicicil oleh Ebbie Vebri Adrian yang telah menghabiskan waktu hampir satu dasawarsa demi medokumentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia.

Pria yang juga seorang pengusaha ini berasal dari Pagar Alam, Sumatera Selatan. Meskipun memiliki latar belakang yang berbeda dengan dunia fotografi, pria lulusan ilmu pemerintahan dan ilmu komputer ini telah menguatkan tekadnya untuk mengelilingi Indonesia. Niatnya itu dilaksanakan dengan menjual seluruh aset usahanya demi ongkos keliling Indonesia seperti diberitakan jawapos.com.

Gila! Mungkin sabagian besar menganggapnya demikian. Bahkan niatnya tersebut juga ditentang oleh Ayahandanya sebelum wafat. Namun, pria 38 tahun ini telah menguatkan tekad baja untuk menjelajahi Indonesia dari satu kota ke kota lain untuk berburu objek foto.

Bahkan ia rela mengulang penjelajahannya ke 10 provinsi setelah harddisk tempat menyimpan foto-fotonya tersebut rusak dan tidak bisa di recovery.

Perjuangannya tersebut sangat keras, selain resiko yang juga tidak sedikit, nyawanya pun dipertaruhkan. Meskipun sempat hendak dirampok sebanyak empat kali, untungnya semua percobaan yang mencelakakan dirinya itu gagal.

Ia memulai petualangannya itu sejak tahun 2005 tepatnya pada bulan Januari. Ia tak memedulikan usahanya yang sedang berada di puncak kesuksesan. Ia rela menjual seluruh asetnya dan menguras isi tabungannya demi mewujudkan mimpinya membuat buku fotografi tentang keindahan Indonesia.

Jika dikalkulasikan mungkin sudah miliyaran rupiah yang ia habiskan selama sembilan tahun melakukan blusukan ke seluruh penjuru Indonesia. Berbagai aktivitas ia lakukan mulai dari caving, diving hingga camping. Semua benar-benar dilakukannya dari nol bahkan untuk sekedar belajar fotografi pun ia lakukan secara otodidak hingga akhirnya mampu menghasilkan karya yang memukau. Jelas modal yang dikeluarkannya untuk menghasilkan karya foto yang menarik tidak sedikit. Beberapa body kamera dan lensa pun ia koleksi demi mewujudkan mimpinya menyusun buku fotografi Indonesia.

Bukunya tersebut berjudul Indonesia A World of Treasure. Buku bersampul hitam itu berisi 1.300 foto yang bercerita tentang 1.000 destinasi wisata dari 34 provinsi di Indonesia. Buku tersebut cukup tebal, 543 halaman, dengan kualitas kertas yang luks. Di sampulnya, Ebbie mengajak pembaca untuk melakukan hal yang sama dengan yang dilakukannya: Jelajahilah Negerimu.

Ebbie bangga akhirnya bisa meluncurkan buku foto tentang Indonesia itu. Namun, dia belum puas. Dia merasa baru sebagian kecil Indonesia yang sudah terjamah.

“Indonesia punya 17.508 pulau. Saya baru masuk 300-an di antaranya. Begitu pula di antara lebih dari 5.000 destinasi, saya baru masuk di 2.500 tempat. Sampai tua pun sepertinya tidak akan selesai,” ujarnya menggambarkan.

Namun, untuk petualangan berikutnya, Ebbie mengungkapkan tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri lagi. Sebab, sejumlah sponsor menyatakan bersedia membiayai proyek “tidak masuk akal” Ebbie selanjutnya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*