Foto: Kompas/Sri Rejeki

Foto: Kompas/Sri Rejeki

Semarang, LiputanIslam.com-Gamelan, Sekaten, dan Lumpia asal Indonesia akan mendapatkan pengakuan dunia tahun 2014. Warisan budaya asli Indonesia tersebut pada akhirnya tidak akan bisa diklaim oleh negara luar termasuk negara serumpun. Seperti diketahui banyak sekali warisan budaya Indonesia yang beberapa kali diklaim hak patennya oleh negeri tetangga sehingga memperuncing hubungan rakyat dari kedua belah pihak.

Ada tiga warisan budaya yang sebelumnya terlebih dahulu mendapatkan pengakuan dunia, yakni batik, keris dan wayang seperti dilansir dari kompas.com.

Kepala seksi Nilai Budaya Bidang Nilai Budaya Seni dan Film Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Eny Haryani mengatakan bahwa “Yang sudah dicatatkan sebagai warisan budaya dunia tahun lalu adalah batik, keris, dan wayang. Tahun ini kita mendapat pengakuan warisan budaya asli Indonesia lagi yakni gamelan, sekaten, dan lumpia. Sebenarnya ada satu lagi yakni sintren, tetapi untuk sintren masih dikaji ulang mudah-mudahan untuk 2015 kita bisa mengusulkan lebih banyak lagi”

Teknisnya, pengusulan tersebut ternyata sudah melalui beberapa proses. Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terkait dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya di Yogyakarta (membawahi tiga kawasan di Jawa yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur) yang pertama kali mengusulkannya.

Kemudian usulan tersebut dikaji di bagian Subdit Kekayaan Budaya Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kemudian dilanjutkan ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan.

Harapan Eny, selain untuk melestarikan budaya, tembang dolanan juga direncanakan diusulkan menjadi salah satu warisan dunia non benda asal Indonesia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL