11-bella-turcica-anibah-dan-zahira-amaliaBengkulu, LiputanIslam.com– Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab tertinggi kematian di Indonesia dengan biaya pengobatan yang sangat mahal. Dua siswi asal SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan ini, yakni Nur Bella Turcica Anibah dan Zahira Amalia, berhasil menemukan obat kanker payudara dari bahan yang amat sederhana, yaitu buah “Kebiul” atau Caesalpinia Bonduc L.

Sejak lama, buah Kebiul telah dipercaya masyarakat setempat sebagai tanaman obat. Namun, selama ini belum ada penelitian secara ilmiah untuk menguji manfaat pengobatan dari buah tersebut. Masyarakat setempat biasa menggunakan buah Kebiul untuk pengobatan malaria, kencing manis, asam urat, batu ginjal dan penemuan terbaru juga dapat dibuat sebagai ekstrak penghambat sel kanker payudara.

Sebelumnya, Bella dan Zahira telah melakukan serangkaian tes laboratorium terhadap buah Kebiul untuk memastikan kandungan yang ada di dalam biji buah tersebut. Hasilnya, melalui uji fitokimia diketahui bahwa ekstrak etanol dari biji kebiul ini mengandung senyawa flavonoidsaponin, dan triterpenoid. Dan pada uji sitotoksisitas pada ekstrak biji kebiul ditemukan bahwa ekstrak biji buah kebiul memiliki daya hambat pertumbuhan sel kanker payudara sebesar 7 persen.

“Ini merupakan penelitian pertama, jadi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui berapa banyak dosis yang dibutuhkan untuk proses pengobatan pada penderita kanker,” jelas Bella dan Zahira.

Bella dan Zahira bertekad untuk melanjutkan penelitian mereka terhadap penemuannya ini, sehingga kelak diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat luas dan membantu penderita penyakit kanker dengan harga yang terjangkau, khususnya bagi yang keterbatasan ekonomi. (ra/pendidikan.redaksibengkulu)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL