Kaori Morohira /JPNN

Kaori Morohira /JPNN

Surabaya, LiputanIslam.com – Tidak sedikit warga negara asing yang jatuh cinta pada budaya dan keindahan alam Indonesia. Bahkan beberapa diantaranya memilih untuk menjadi warga negara Indonesia karena mencintai beberapa hal khas Indonesia seperti wayang, gamelan dan lain sebagainya.

Sama seperti Kaori Marohira (30) yang juga jatuh cinta pada Indonesia. Kaori merupakan diplomat muda asal Jepang yang sudah ditugaskan di konsulat Jendral Jepang di Indonesia sejak usianya 25 tahun. Kini ia ditempatkan di Konsulat Jendaral Jepang Surabaya, seperti dilansir dari JPNN.com.

”Senang sekali bisa bertugas di Surabaya. Sangat nyaman,” ujar Kaori.

Urusan makanan, Kaori suka dengan masakan Nusantara. Favoritnya adalah pecel, gado-gado, dan lontong balap.

Ia mengungkapkan telah jatuh cinta pada Indonesia saat kuliah di Tokyo University of Foreign Studies, Jepang. Kaori memilih belajar bahasa Indonesia diantara 26 pilihan bahasa asing lainnya.

”Orang tua saya asli Kagoshima. Selesai SMA, saya ingin menjadi diplomat. Yang bisa jalan-jalan. Saya memilih Indonesia karena banyak pulau. Lagi pula, kalau Mandarin atau Inggris, sudah banyak yang bisa,” ujar perempuan kelahiran 30 Desember 1984 itu.

Setelah lulus, Kaori mendaftar sebagai pegawai di Kemenlu Jepang. Dia langsung diterima dengan penempatan di Indonesia. Dia digembleng dua tahun belajar bahasa Indonesia.

Di usia 25 tahun, Kaori mulai bertugas di Kedubes Jepang di Jakarta. Pada tahun itu pula Kaori melanjutkan S-2 di Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Indonesia. Pada 2014 dia pindah ke Surabaya. Lima bulan sudah dia berada di Kota Pahlawan.

Menurut Kaori, saat ini Surabaya adalah sister city dengan Kota Kochi, Jepang. Kota tersebut merupakan asal tari yosakoi. Dalam acara di Surabaya, dia sering menghadirkan tarian tersebut. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL