Beasiswa ke BelandaJakarta, LiputanIslam.com — Anda ingin belajar di Negeri Kincir? Jika iya, maka jangan lewatkan kesempatan emas ini. Holland Scholarship, program beasiswa studi ke Belanda terbaru, dibuka kemarin, Senin, 16 Februari 2015. Program beasiswa ini mendukung 768 pelajar internasional setiap tahunnya untuk menempuh studi S-1 atau S-2 ke Belanda.

Tak hanya itu. Holland Scholarship juga mendukung 768 mahasiswa Belanda untuk mendapatkan bantuan biaya untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar area Ekonomi Eropa selama minimal tiga bulan.

“Tujuan program beasiswa ini untuk meningkatkan profil perguruan tinggi Belanda dan mendukung mobilitas pelajar menuju maupun keluar dari Belanda,” kata Menteri Menteri Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Jet Bussemaker, dalam siaran pers, seperti dilansir Kompas.

Holland Scholarship merupakan beasiswa nasional Belanda untuk pelajar internasional dan Belanda. Program tersebut diwujudkan sebagai hasil kerjasama Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Asosiasi Universitas Riset Belanda (VSNU), Asosiasi Universitas Ilmu Terapan Belanda dan EP-Nuffic.

Adapun penggerak program ini antara lain adalah dokumen Joint International Vision yang ditulis oleh Asosiasi Universitas Riset Belanda dan Asosiasi Universitas Ilmu Terapan Belanda serta International Vision Memorandum dari Menteri Pendidikan Belanda (Juni 2014). Empat puluh delapan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda berpartisipasi dalam program ini dan juga berkontribusi pada setengah dari biayanya.

“Pengalaman internasional akan memberikan nilai tambah yang bagus untuk pelajar. Meninggalkan kenyamanan lingkungan sekitar untuk sementara demi studi atau magang di budaya dan lingkungan berbeda akan sangat memperkaya pengalaman mereka,” ujar Bussemaker.

Berapa jumlah beasiswa yang diterima?

Pelajar Belanda sendiri akan mendapatkan beasiswa senilai 1,250 Euro untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar Area Ekonomi Eropa. Untuk pelajar internasional di luar Area Ekonomi Eropa, tersedia beasiswa senilai 5,000 Euro untuk studi S-1 atau S-2. Angkatan pertama penerima Holland Scholarship akan berangkat untuk memulai studinya pada tahun akademik 2015 – 2016.

Secara total ada 1.536 beasiswa yang tersedia tiap tahun. Jadi, bagi Anda yang di Indonesia yang membutuhkan informasi studi ini bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di www.studyinholland.nl/hollandscholarship. Adapun tentang beasiswa bisa dilihat di www.nesoindonesia.or.id/hollandscholarship.

Jadi, tunggu apa lagi? (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL