sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Perwakilan takmir masjid seluruh Indonesia dan tim Bersih-Bersih Masjid (BBM) Berkah  melakukan deklarasi menolak tindakan politisasi masjid. Koordinator Nasional BBM Berkah, Ali Sobirin mengingatkan pengurus masjid agar mewaspadai berbagai tindakan atau kegiatan yang dapat merusak persatuan umat. Menurutnya, para takmir masjid hendaknya fokus pada pemberdayaan umat sesuai fungsi dasar masjid.

“Fungsi dasar masjid yaitu membangun dan mengikat keutuhan umat Islam sekaligus sebagai pusat persemaian dan persebaran kasih sayang kepada seluruh alam,” ujarnya di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (9/5).

Adapun deklarasi yang dibacakan secara bersama-sama itu berisi sebagai berikut:

  1. Masjid merupakan tempat untuk membangun dan mengikat keutuhan umat Islam sekaligus menjadi pusat persemaian dan persebaran kasih sayang kepada seluruh alam.
  2. Kami melarang siapa pun untuk berperilaku sesat-menyesatkan dengan menjadikan masjid sebagai tempat kampanye politik kekuasaan dan untuk kepentingan politik jangka pendek, karena itu bagian dari cara-cara manipulasi setan yang terkutuk. Siapa pun yang menggunakan cara-cara setan tersebut, akan berhadapan dengan kami.
  3. Kami mendukung para takmir masjid untuk melakukan aksi BBM, yaitu aksi Bersih-Bersih Masjid, dari kotoran-kotoran lahiriah dan batiniah, dari kotoran-kotoran pemecah belah umat dan bangsa.
  4. Kami mendorong para takmir masjid untuk melakukan aksi Bersih-Bersih Masjid, dari berita-berita hoaks, fitnah, caci-maki, hasut, dan bentuk ujaran kebencian lainnya.
  5. Kami mendorong para takmir masjid di seluruh Indonesia, untuk melakukan revitalisasi peran dan fungsi masjid sebagai pusat pelayanan jamaah, sebagai wujud partisipasi aktif memakmuran masyarakat Indonesia.
  6. Kami mendorong para takmir masjid di seluruh Indonesia, untuk menggelorakan GISMAS (Gerakan Infak Sedekah Memakmurkan Masjid dan Masyarakat) sebagai landasan kemandirian dalam program-program pelayanan jamaah.
  7. Kami siap bergandengan tangan dengan siapa pun, yang bervisi sama menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang bervisi sama menjaga keamanan dan ketentraman Indonesia, yang bervisi sama membangun cinta dan kasih saya kepada seluruh alam, yang bervisi sama memakmurkan rakyat Indonesia.
  8. Dari masjid-Nya, kita makmurkan Indonesia.
  9. Dari masjid-Nya, kita sejahterakan Indonesia.
  10. Dari masjid-Nya, kita berkahkan Indonesia.
  11. Dari masjid-Nya, kita rahmatkan Indonesia. (ar/NU Online).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL