foto KONTAN

foto KONTAN

LiputanIslam.comGame online sudah lama booming di Indonesia. Kini muncul beberapa komunitas game online, karena penggemarnya semakin banyak yang berasal dari latar belakang yang berbeda pula. Dengan perkembangan game online yang luar biasa, beberapa developer lokal sudah lama bermain dalam game online sehingga bisa meraup kue keuntungan yang terbilang fantastis. Salah satu developer yang sukses dengan game onlinenya adalah Anton Soeharyo. Dengan bendera Touchten, Anton kini telah memproduksi 20 game dengan membukukan 10 juta pengguna.

Beberapa game buatannya di antaranya adalah Shushi Chain, Ramen Chain, Infinite Sky, Teka Teki Saku, Amazing Cupid, Train Legend, dan Fun Toilet Game seperti dilansir dari kompas.com.

Berawal dari kegemarannya bermain game, kemudian Anton dengan niat yang tidak terlalu serius, mendirikan Touchten pada tahun 2009.

Berawal dari keisengannya, kemudian Anton diam-diam menginvestasikan uang jajannya untuk membuat game dengan platform IOS iPhone. Ia sudah memulainya saat kuliah di Jepang. Meskipun latar belakangnya sebagai sarjana Hubungan Internasional salah satu Universitas di Jepang tak menyurutkan langkah Anton untuk terus mengembangkan game.

Meskipun pada mulanya Anton mengalami kesulitan karena tidak memiliki latar belakang sebagai pembuat game, namun Anton tak menyerah. Kemudian ia belajar dan fokus memahami training dan tools-nya.

Anton merasa bangga karena dengan produksi gamenya ia bisa membuat senang orang lain karena senang memainkan game ciptaannya.

Demi mengembangkan usahanya, Anton kemudian menggandeng adik sepupunya yang memiliki latar belakang ilmu komputer. Dengan kerjasama tersebut kini mereka lebih produktif mengembangkan game-game terbaru.

Anton mengungkapkan untuk satu game, total ia menghabiskan dana kurang lebih 20.000 dollar AS. Setelah melalui beberapa tahap yang dilakukan oleh programmer dan desain grafis kemudian disempurnakan hingga bisa dimainkan secara utuh. Barulah Anton memasarkannya di Apps Store IOS dan Play Store Google. Tahap marketing inilah yang menurut Anton paling sulit ditengah persaingan yang sangat ketat.

Anton mengatakan bahwa ia bisa mengantongi omzet dari satu game sebesar 10.000 dollar AS per bulan. Sementara omzet yang bisa diraih secara total dalam satu bulan bisa mencapai 200.000 dollar AS atau setara dengan Rp 2 Miliar per bulan. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL