Sumber: rmol.co

Jakarta, LiputanIslam.com– Peneliti Habibie Center, Umar Juaro mengingatkan bahwa sistem demokrasi di Indonesia harus tetap menjaga keberlangsungan ekonomi berlandaskan Pancasila. Ekonomi yang dikembangkan harus sesuai dengan Pancasila. Hal itu disampaikan Umar saat berada di Habibie Center, Kemang, Jakarta, pada Minggu (24/6).

“Itu kan amanat konstitusi kita, jadi dengan demokrasi itu harus dijaga, caranya dengan memilih kandidat yang dapat menerapkan itu,” ucapnya.

Menurut Umar perjalanan ekonomi Indonesia saat ini sudah mengarah kepada liberalisme dan jauh dari nilai-nilai ekonomi Pancasila. Padahal menurut pandangannya, praktik ekonomi Pancasila merupakan campuran antara ekonomi sosialis yang mengarah pada etatisme (sistem terpusat) dengan ekonomi liberal yang dipegang oleh swasta dan mekanisme pasar.

“Demokrasi juga sudah sejalan dengan Pancasila sila IV, yang menekankan permusyawaratan perwakilan. Seharusnya itu juga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam ekonominya,” terangnya.

Prinsip demokrasi, lanjut dia, ialah pemerintahan yang didasarkan dari oleh dan untuk rakyat termasuk pembangunan ekonominya. “Jadi dengan demokrasi, pembangunan ekonomi yang dilandaskan kepentingan rakyat harus berjalan,” ujarnya. (ar/rmol).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*