Sumber: palembang.tribunnews.com

Bekasi, LiputanIslam.com– Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PC LDNU) Kota Bekasi, Ustadz Sayyidi Al-Manaf menyampaikan bahwa dakwah yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga merupakan dakwah yang santun dan bijaksana. Sunan Kalijaga tidak serta-merta menyuruh orang lain masuk Islam dan merendahkan kedudukan agama-agama lain.

“Dakwah seperti itulah yang seharusnya kita kembangkan. Dakwah yang santun, tidak mengafirkan yang lain, tidak merendahkan yang tidak sejalan dengan kita. Penuh dengan kebijaksanaan,” ucapnya pada tausiyah di Masjid Daarul Muttaqien, Perum Mutiara Gading Timur 2, Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (23/5).

Ustadz Sayyidi bercerita, suatu ketika Sunan Kalijaga pernah didatangi seseorang yang ingin hidup tenang dan tenteram. Kemudian ia mengatakan bahwa untuk bisa hidup tenang adalah dengan beragama. “Dalam obrolan Sunan Kalijaga itu, beliau tidak langsung menyuruh orang yang ingin hidup tenang dengan memeluk agama Islam,” ungkapnya.

Menurutnya, Sunan Kalijaga meminta orang itu untuk memilih agama-agama yang sudah berkembang di Nusantara. Tetapi saat disuruh untuk memilih, spontan orang itu memilih Islam. Namun, kemudian Sunan Kalijaga memerintahkan untuk dipikirkan matang-matang. Sebab, beragama merupakan ujung tombak ketenangan dalam hidup.

“Sampai dua kali bolak-balik, orang itu bilang bahwa dia ingin masuk Islam. Akhirnya, Sunan Kalijaga mengiyakan karena kemantapan hatinya itu,” terang Ustadz Sayyidi. (ar/NU Online).

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*