captangantempo

Jakarta, LiputanIslam.com – Indonesia kembali menjadi sorotan dunia setelah katak asal Sulawesi yang memiliki taring dan bisa melahirkan tanpa bertelur (Baca: Ahli Katak Indonesia Ini Guncang Dunia), kini sebuah lukisan cap tangan di Goa Maros masuk dalam Journal Science yang menjadi temuan terpenting di dunia tahun 2014.

Lukisan cap tangan tersebut diprediksi jauh lebih tua dibandingkan dari perkiraan sebelumnya. Umur lukisan itu ditaksir empat kali lebih tua daripada perkiraan sebelumnya. Akibatnya, sejarah kebudayaan manusia terancam ditulis ulang, seperti dilansir dari Dialy Mail (19/12/14).

Para arkeolog memperkirakan peninggalan prasejarah itu berumur 40 ribu tahun. Lukisan itu diduga sezaman dengan kemunculan ras Austromelanesoid di daratan Eropa, yang juga ditandai dengan jejak lukisan gua, seperti diberitakan kembali oleh Tempo.

Adam Brumm, arkeolog dari Pusat Ilmu Arkeologi Universitas Wollongong, Australia, berpendapat situs di Maros menggambarkan manusia modern awal yang menghuni daratan Sulawesi sudah mengenal seni batu cadas seperti di Eropa dalam waktu yang bersamaan. “Umurnya hampir sezaman,” ujar Brumm, yang juga menjadi ketua penelitian, kepada Amri Mahbub dari Tempo, Kamis, 9 Oktober 2014, di kantor Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Brumm mengatakan rock art atau bisa juga disebut cave art merupakan salah satu bentuk pemikiran abstrak manusia pada masa lalu. Mereka mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran mereka ke dalam bentuk lukisan.

Berdasarkan jurnal Science, 10 penemuan ilmiah terpenting pada 2014 adalah:
1. Pendaratan komet Rosetta
2. Bagaimana dinosaurus berevolusi menjadi burung
3. Darah orang muda menjadi serum yang menyegarkan otot dan otak manusia.
4. Robot-robot yang membantu
5. Chips computer seperti otak manusia
6. Lukisan goa di Maros, Sulawesi Selatan, yang usianya lebih tua dari perkiraan awal.
7. Memanipulasi ingatan dengan cahaya redup.
8. Satelit murah, CubeSats
9. Memperluas alfabet gen
10. Selangkah menuju penemuan penyembuhan bagi diabetes
(fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*