Sumber: kompas.com

Demak, LiputanIslam.com– Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengapresiasi langkah pihak kepolisian yang mengikutsertakan sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk menjaga keamanan saat hari perayaan Natal. Menurutnya, selama ini NU dengan Bansernya selalu terlibat dalam pengamanan perayaan hari besar keagamaan di tanah air.

“Keterlibatan  kami (NU) sudah setiap tahun, termasuk Garda Bangsa dan Banser juga supaya ancaman perpecahan antar umat beragama itu  bisa kami jembatani. Sebagai umat Islam, NU, Banser, PKB menjadi penjembatan (potensi) konflik antar agama yang biasanya muncul di hari-hari besar agama,” ujarnya di Demak, Jawa Tengah, pada Minggu (3/12).

Muhamimin atau yang biasa disapa Cak Imin itu mengatakan bahwa keikutsertaan ormas Islam seperti NU dapat menekan ancaman-ancaman saat perayaan hari besar keagamaan, termasuk perayaan Natal. Apalagi kemampuan NU dalam pengamanan dan menjalin hubungan sama banyak pihak telah terbukti dengan baik.

“Dengan kami  siaga, tidak akan ada lagi potensi perpecahan. Karena selama ini terbukti dengan kekuatan Islam yang dibina di  bawah naungan keluarga besar NU, persatuan antar umat beragama menjadi terjaga dan aman. Terbukti dengan keterlibatan NU dan Banser (kondisi) menjadi aman. Jadi kami mengamankan keadaan,” terangnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan rencana pengamanan jelang hari perayaan  Natal hingga tahun baru. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, termasuk ormas keagamaan. “Soal pengamanan akan kami libatkan kelompok Islam, NU, Anshor, untuk bantu amankan gereja,” ucapnya. (Ar/Kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL