Sumber: jurnalindonesia.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1998-2005 Ahmad Syafii Maarif menyatakan bahwa agama seharusnya menjadi penuntun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena menurutnya, agama merupakan sumber moral bagi seluruh umat manusia, termasuk dalam dunia politik. Hal itu disampaikan Buya Syafii di Jakarta, pada Selasa (11/4).

Pernyataan Buya Syafii tersebut sebagai tanggapan terhadap pro dan kontranya ucapan Presiden Jokowi saat meresmikan Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. Presiden Jokowi sempat menyampaikan agar masyarakat tidak mencampuradukkan agama dan politik, yang kemudian dipahami oleh banyak pihak sebagai upaya pemisahan agama dengan Negara.

Menurut Buya Syafii, Agama merupakan sumber moral yang akan memandu politik mencapai keadilan dan persatauan. “Hubungan politik dan agama itu begini. Agama itu sumber moral. Agama harus menjinakkan politik agar politik itu berorientasi kepada keadilan, kepada persatuan, kepada kejujuran. Itu dari agama,” ungkapnya.

Buya mengakui, meskipun idealnya agama sebagai penuntun, namun dalam praktiknya justru digunakan sebagai kendaraan politik. “Tetapi yang terjadi sepanjang sejarah adalah agama digunakan untuk kendaraan politik. Ini yang tidak benar,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Buya mengingatkan bahwa ketika agama digunakan sebagai kendaraan berpolitik, maka akan terjadi perpecahan dan kekacauan serta lunturnya idealisme. Bagi Buya, merawat persatuan dan kesatuan bangsa itu adalah suatu hal yang mutlak, karena Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keberagaman. Termasuk beragam dalam beragama. “Negara kepulauan sangat beragam,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah kemajemukan bangsa. “Kalau keragaman kita tidak dirawat itu ancaman bagi masa depan bangsa Indonesia, sangat serius ancaman itu,” kata Buya Syafii Maarif.  (Ar/Suara Muhammadiyah).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL