Sumber: tribunsumbar.com

Padang, LiputanIslam.com– Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah), Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii) ikut menanggapi atas terbongkarnya jaringan kelompok penyebar hoax dan fitnah yang bernama The Family Muslim Cyber Army (MCA. Menurutnya, kelompok yang menyebarkan ujaran kebencian berkonten SARA dan berita bohong di media sosial seperti MCA,  seharusnya tidak  membawa atau memakai nama Islam.

“Lebih baik tidak mengaku Islam, jangan pakai Islam, pakai setan saja,” ujar Buya Syafii pada acara bedah buku karyanya yang berjudul “Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan”  di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Padang, Sumatera Barat, pada Kamis (1/3).

Menurutnya, dalam kondisi saat ini, Islam bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak jujur. Dengan demikian, ia berpendapat lebih baik tidak mengaku Islam. Karena beragama itu jujur, dan kalau tidak jujur Tuhan tidak meridhoi.

Pada kesempatan itu, Buya Syafii juga menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara telah diterima oleh seluruh rakyat Indonesia menjadi sebuah ideologi bangsa dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya yang harus diamalkan. Ia mengingatkan, jangan sampai ada pihak-pihak yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain.

“Islam itu universal, jadi jangan ada yang mengawang. Islam Keindonesiaan dalam satu kebhinekaan dan satu tarikan nafas,”  tegasnya. (Ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*