Sumber: spiritjawabarat.com

Karawang, LiputanIslam.com– Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menegaskan bahwa Pancasila itu mempersatukan. Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi pemersatu masyarakat Indonesia yang terkenal majemuk. Pernyataan itu disampaikan Cellica saat membuka acara Seminar Nasional “Memperkokoh Kemandirian Ummat Menyongsong Tahun Politik Dalam Bingkai NKRI” yang diadakan ICMI Kabupaten Karawang di Ballroom Brits Hotel Karawang, Rabu (15/11).

Cellica menyampaikan dengan diadakannya acara seminar kebangsaan tersebut, dirinya berharap agar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam kehidupan bertanah air dan berbangsa turut meluruskan pandangan dan menghilangkan pengkotak-kotakan yang ada selama ini.

“Pancasila itu mempersatukan bukan memecah belah. ICMI harus juga ikut menjalankan rekonsiliasi terkait pemahaman ini, bukan dikotakkan. Pancasila harus bisa mempersatukan,” ujarnya.

Apalagi menjelang tahun politik 2018 mendatang, lanjut Cellica, maka pemahaman yang mengkotak-kotakan tersebut harus dihilangkan. Menurutnya, mencintai tanah air (bangsa) adalah bagian dari iman. Oleh karenanya, dalam kontestasi politik label yang mengkotak-kotakan masyarakat harus dihilangkan.

Acara seminar tersebut diikuti sekitar 80 orang yang terdiri dari pengurus ICMI dan para tokoh agama di Kabupaten Karawang. Hadir juga Ketua Umum ICMI Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie dan  Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam. (Ar/RMOL Jabar).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL