bunga-sepatu

Yogyakarta, LiputanIslam.com – Salah seorang dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Das Salirawati mampu mengolah bunga sepatu atau dengan nama latin Hibicus Rosa Sinensis menjadi teh yang bergizi. Menurut dosen Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA ini mengatakan bahwa zat gizi yang terkandung dalam teh bunga sepatu, baik yang dioven maupun disangrai, antara lain karbohidrat (glukosa), vitamin C, kafein, dan polifenol.

Tambahnya lagi bahwa teh bunga sepatu ternyata memiliki komposisi zat-zat gizi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh manusia setiap hari dibandingkan dengan teh yang biasa dikonsumsi maupun dari teh rosella.

Seperti dalam laporan antaranews.com, bahwa teh bunga sepatu dapat dibuat dengan cara dioven maupun disangrai. Kedua cara tersebut mampu memberikan hasil yang berbeda dari segi tekstur, tampilan, aroma bahkan kadar gizi yang terkandung didalamnya.

Ia menambahkan bahwa teh bunga sepatu yang dioven memiliki tekstur yang lebih halus dan aroma wangi bunga yang lebih tercium, sedangkan yang disangrai memiliki tekstur yang kasar dan bau lebih netral seperti teh biasanya dan teh rosella, bau wangi teh bunga sepatu tidak tercium sama sekali.

Dari jenisnya bunga sepatu memiliki banyak ragam warna, ada yang berkelopak tunggal atau rangkap, dan warnanya merah tua, pink, oranye dan kuning.

Namun dari berbagai jenis tersebut, Das menyimpulkan teh bunga sepatu berwarna merah merupakan pilihan terbaik. Menurutnya setelah diolah tidak perlu lagi menambahkan zat pewarna karena sudah menghasilkan warna yang persis dengan teh biasanya.

Dari kadar glukosanya ada perbedaan antara yang dioven dan yang disangrai. Untuk teh bunga sepatu yang dioven memiliki kadar glukosa lebih tinggi 296 mg/g dan 228 mg/g, sedangkan jika disangrai kadar glukosanya 80 mg/g dan 68 mg/g.

Dari penelitiannya menggambarkan bahwa teh rosella memiliki kadar glukosa 60 mg/g dan beberapa teh biasa yang ada di pasaran memiliki kandungan glukosa yang relatif rendah, berkisar 6-8 mg/g. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL