Sumber: koran-jakarta.com

Bali, LiputanIslam.com– Subak merupakan budaya pengairan sawah yang diterapkan masyarakat Bali. Sistem irigasi Subak telah ditetapkan sebagai  warisan budaya benda dan tak benda oleh UNESCO. Budayawan Bali, Dr I Gede Arya Sugiartha menyatakan bahwa  budaya Subak memiliki nilai-nilai luhur yang menjadi landasan dalam menjalani kehidupan ini.

“Nilai-nilai tersebut adalah falsafah Tri Hita Karana (harmoni antara manusia dengan Sang Pencipta, harmoni antara manusia dengan alam, dan harmoni antara manusia dengan manusia) yang melandasi setiap kegiatan subak,” ungkap Gede Arya seperti dilansir Koran-jakarta.com, pada Kamis (28/12).

Menurutnya, nilai- nilai leluhur yang bersifat universal tersebut sangat relevan dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Bahkan Subak sebagai sistem irigasi khas Bali, memiliki upacara ritual keagamaan yang senantiasa menyertai setiap aktivitasnya.

Namun demikian, Gede Arya mengakui bahwa eksistensi Subak kini mulai terancam. “Ancaman terhadap kelestarian subak adalah  bersumber dari adanya perubahan-perubahan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat Bali yang mengiringi derasnya arus globalisasi terutama pembangunan pariwisata Bali,” ucapnya.

Sementara  Kepala Dinas Kebudayaan Bali, Ketut Suastika mengatakan bahwa pihaknya akan membuat peraturan daerah (Perda) untuk melindungi Subak. “Pertama yang harus kita lakukan adalah, adanya peraturan daerah yang bisa memproteksi kawasan itu, atau misalnya perda tentang sawah-sawah abadi, ini harus dibicarakan, masyarakat diajak bicara secara terbuka, seperti apa yang harus kita lakukan dan ke depannya bagaimana,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini Subak masuk dalam dua kategori warisan budaya dunia. Kategori pertama adalah warisan budaya benda dengan Pura Subak, sawah dan sistem irigasinya. Kategori kedua adalah warisan budaya tak benda dengan nilai-nilai sosial dan semangat gotong royong yang terdapat dalam subak. (Ar/Koran Jakarta).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL