Tangerang, LiputanIslam.com — Aksi-aksi tak keji yang dipertontonkan oleh kelompok teroris transnasional Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) harus dilawan. Namun, kekerasan ini tidak dilawan dengan tindakan kekerasan, melainkan dengan edukasi dan sosialisasi.

“DPP Laskar Aswaja menggelar diklat yang bertujuan untuk membentuk Brigade Ahlussunnah Wal Jama’ah (BRAJA). BRAJA akan membawa misi Laskar Aswaja untuk mengawal dan menjaga nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah yang esensinya adalah Islam rahmatan lil alamin,” jelas Ketua Panitia Diklatsus, Iman Ainul Hasan.

Diklatsus DPP Laskar Aswaja se – DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat digelar di Ponpes Sunan Kalijaga, Cisoka, Kabupaten Tangerang,  Provinsi Banten. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 November 2015 dan diikuti oleh ratusan peserta.

Menurut Hasan, BRAJA akan melakukan sosialisasi Islam rahmatan lil alamin ke berbagai pondok pesantren, majelis ta’lim, dan lembaga pendidikan lainnya.

Hasan menambahkan, aksi-aksi teror yang dilancarkan kelompok radikalis ISIS dan kelompok teror lainnya sama sekali bukan berdasarkan atas nilai-nilai agama.

“Itu karena pemahaman atas ajaran agama yang salah. Pemahaman dan pemikiran yang salah ini yang harus diluruskan,” ujarnya, seperti dilansir Tribunews, (29/11/2015).

Hasan menyarankan kepada pemerintah, khususnya kepada Kementrian Agama agar serius melakukan pendekatan dialogis dan memberikan porsi yang lebih banyak dalam program-program edukasi dan melakukan kerjasama dengan pondok pesantren, majelis ta’lim maupun ormas-ormas keagamaan. Gerakan ini merupakan cara ampuh untuk menangkal penyebaran ideologi ISIS dan kelompok teroris lainnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL