BogorBogor, LiputanIslam.com — Perancis, merupakan negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada tahun 2013 menurut World Tourism Organization (WTO). Sekitar 84,7 juta wisatawan dari seluruh dunia datang untuk menikmati pesona negara yang terletak di benua Eropa ini. Angka yang sedemikian fantastis, mengalahkan jumlah penduduk negara ini yang hanya sekitar 66 juta jiwa.

Pariwisata merupakan sektor yang sangat penting, dan jika dikelola dengan maksimal, bisa menjadi mata pencaharian bagi banyak pelaku bisnis. Wisatawan yang datang berkunjung, pastilah memerlukan tempat tinggal, makanan, jasa laundry, transportasi, cendera mata, ataupun jasa-jasa lainnya. Bahkan jika Anda menyaksikan Bali, maka tukang kepang rambut kecipratan rupiah hanya dengan bermodal gelang karet.

Sepertinya, potensi pariwisata ini disadari oleh Pemerintah Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Pemkot berencana mengembangkan sektor pariwisata dengan produk ekonomi kreatifnya sehingga menjadi salah satu daerah tujuan wisata. “Selama kita mau bekerja keras mewujudkannya, peluang menjadikan Kota Bogor sebagai salah satu tujuan wisata dapat diwujudkan,” kata Walikota Bogor, Bima Arya, di Bogor, Selasa (10/3/2015), seperti dilansir Kompas.

Bima mengatakan perlu dilakukan pembangunan dan pengembangan obyek wisata yang nantinya diharapkan dapat menjadikan Kota Bogor salah satu tujuan wisata penyangga ibu kota.

Dijelaskannya sektor pariwisata merupakan produk ekonomi kreatif yang dapat menjadi tulang punggung pembangunan pemerintah, di mana masyarakat dapat tumbuh dan berkembang melalui dunia usaha kecil dan menengah.

“Untuk mendukung misi itu Kota Bogor akan dijadikan sebagai kota jasa, industri pariwisata berbasis ekonomi kreatif,” katanya.

Menurut Bima, sebagai kota jasa dan perdagangan salah satu sektor yang potensial dan perlu dikembangkan adalah sektor pariwisata. Namun, berbeda dengan daerah-daerah lainnya Kota Bogor tidak memiliki obyek pariwisata yang terjadi dengan sendirinya.

Oleh karena itu, lanjut Bima, perlu diciptakan terlebih dahulu destinasi wisata tersebut dengan pembangunan dan pengembangan obyek wisata yang ada. “Kita sudah siapkan upaya-upaya tersebut, dengan membangun saung kreatif di setiap kelurahan, serta lokasi-lokasi kuliner khas Bogor,” katanya.

Bima menambahkan, sektor pariwisata di Kota Bogor merupakan sektor strategis karena menjadi penyumbang sumber Pendapatan Asli Daerah terbesar dari pajak hotel dan restoran. Sektor tersebut perlu didorong karena dapat menjadi alat efektif untuk memperbaiki perekonomian masyarakat.

“Kota Bogor perlu berbenah diri. Kita membutuhkan semua komponen yang ada untuk menjadikan kota ini salah satu tujuan wisata yang berkarakter dan bernuasa Sunda,” kata Bima. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*