Debora Putri Ardityanti/studentpreneur.co

Debora Putri Ardityanti/studentpreneur.co

Mojokerto, LiputanIslam.com – Gadis yang kini berusia 17 tahun ini ternyata sudah memulai bisnis online sejak masih duduk di bangku SMP. Kini, Debora Putri Ardityanti atau disapa Debby, tinggal meraup rupiah tiap bulannya dari usaha yang dibangunnya sejak belia. Debby menjalankan bisnis fashion online shop dengan modal nol rupiah.

Bisnis yang kini berusia tiga tahun merupakan online shop yang menjual berbagai macam kebutuhan fashion khususnya kaum hawa. Selain menjual sweater rajutan, Debby pun menuturkan bahwa cardigan merupakan salah satu jenis dagangannya yang paling laris. Tercetus karena iseng ingin menambah uang saku, Debby memutar otak dengan menjual pakaian kepada teman-teman bahkan saudaranya sendiri.

Seperti dikutip dari laporan studentpreneur.co, Debby memilih online shop karena memiliki banyak kelebihan. Selain bisa menjual barang lebih murah juga memiliki banyak pilihan model pakaian. Tetapi Debby tak memungkiri bahwa semakin hari semakin banyak kompetitor yang terjun di online shop dengan persaingan yang ketat, bahkan ada yang memasang harga jauh lebih murah dibandingkan online shop Debby.

Debby merasakan bahwa online shop yang dijalaninya tidak terlalu sulit dilakukan. “Tinggal main hape bisa dapat duit” tuturnya. Selain tidak membutuhkan modal, juga cocok sebagai pekerjaan sampingan bahkan bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk refreshing juga.

Sebagai seorang pelajar, Debby tetap memprioritaskan urusan sekolah. Debby mengatur waktu antara kebutuhan sekolah dan berbisnis. Di sela-sela waktu istirahat misalnya Debby bisa merespon kebutuhan konsumennya secara online. Namun, ketika sedang belajar, Debby serius untuk mengikutinya.

Meskipun baru sebatas menjalankan bisnis melalui media sosial, namun Debby telah memiliki konsumen yang loyal. Debby berharap bisa membangun sebuah website untuk kelancaran bisnisnya. Debby menerapkan sistem Pre-Order (PO) sehingga bisa menekan kerugian. Namun, disisi lain Debby juga ingin agar semua barang ready sehingga konsumennya tidak perlu menunggu terlalu lama. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL