Bilu melaLiputanIslam.com— Anda penyuka animasi? Jika iya, yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Bilu Mela, sebuah tayangan animasi karya Fajar Nuswantoro, seorang animator lulusan Institute Kesenian Jakarta. Fajar menciptakan karakter Bilu dan Mela, yaitu dua ekor ikan yang menempati dua akuarium berbeda. Walau kedua ikan tersebut berbeda warna, namun mereka bersahabat baik. Dari laporan Merdeka, saat ini animasi Bilu Mela dibeli oleh 5 negara, termasuk jaringan Encripta Brasil dan TV Al-Jezeera.

“Tadinya ingin membuat karakter kembar. Karakter yang selalu hidup bersama, mempunyai karakter yang berlawanan, sering berantem, tapi tetap saling membutuhkan dan menyayangi satu sama lain,” ucap Fajar.

“Akhirnya muncul lah karakter ikan. Ikan dipilih karena mempunyai alam yang berbeda dengan manusia. Dia juga punya aturan hidup sendiri. Diharapkan hal ini menimbulkan banyak kisah yang belum diketahui oleh manusia,” kata Fajar menambahkan.

Bilu Mela buku mewarnai

Bilu Mela buku mewarnai

Fajar menciptakan Bilu Mela tanpa dialog, tujuannya untuk bisa dijual ke pasar internasional agar nantinya bisa diterima oleh anak-anak seluruh dunia. Walau demikian, hanya dengan mengamati gerak-gerik si ikan saja penonton tetap dapat memahami isi ceritanya.

Monster Entertainment, dari Irlandia, tertarik dengan konsep Bilu Mela. Mereka bersedia bekerja sama untuk mendistribusikan Bilu Mela ke seluruh dunia. “Paling tidak ini bisa menumbuhkan kepercayaan diri bagi masyarakat Indonesia bahwa kita bisa bersaing di level dunia,” tutup Fajar.

Tampilan Bilu Mela sendiri tampak menarik, yang didominasi oleh warna-warna cerah. Soundtracknya juga digarap sendiri oleh Fajar, dengan irama yang nge-beat dan easy listening. Fajar juga mentransformasi karakter Bilu Mela ke dalam bentuk buku mewarnai, dan ia berharap karyanya ini membantu memperkokoh animasi Indonesia. Video di bawah ini adalah alah satu episode Bilu Mela, yang berjudul ‘Sakit Gigi’.  (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL