kewajiban-hajiJakarta, LiputanIslam.com – Para calon jamaah haji pada tahun ini bisa bernafas lega, pasalnya biaya penyelenggaraan haji tahun ini turun dibandingkan tahun lalu, sebagaimana disampaikan oleh Ketua Panitia Kerja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Komisi Agama DPR Sodik Mudjahid.

“Setelah melakukan rapat panjang secara maraton, DPR dan Kementerian Agama mendapat kesepakatan nilai biaya penyelenggaraan ibadah haji untuk tahun ini yang berjumlah US$ 2.717. Jumlahnya berselisih US$ 502 dibanding BPIH tahun 2014,” katanya, seperti dilansir Tempo, 22 April 2015. Seperti diketahui, BPIH pada 2014 sebesar US$ 3.219.

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota Panja Haji Komisi 8 DPR RI Abdul Fikri Faqih. Ia menyatakan bahwa penurunan biaya haji itu mampu menyelamatkan uang calon jamaah haji senilai USD 77.910.400 atau setara Rp 973.880.000.000 dengan kurs rupiah Rp 12.500.

Sebagai tindak lanjut, Komisi 8 akan menggelat rapat kerja pada sore ini dengan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin. “Kita berharap dengan disetujuinya BPIH, maka Presiden segera menerbitkan surat keputusannya agar calon jamaah bisa segera melunasi biaya haji,” papar dia.

Penurunan BPIH itu karena beberapa elemen biaya perjalanan haji masih bisa ditekan. “Di antaranya  biaya penerbangan mengingat harga minyak dunia sedang turun,” katanya.

Antrean Calon Haji Semakin Panjang

Hingga saat ini, Indonesia masih dihadapkan pada masalah panjangnya antrean calon jemaah haji. Kuota yang diberikan Kerajaan Arab Saudi saat ini memang tak sebanding dengan peminat berhaji yang demikian tinggi. Kuota yang diberikan Arab sebanyak 211 ribu. Namun karena ada perbaikan bangunan Masjidil Haram, jumlah kuota haji seluruh negara 2 tahun terakhir dikurangi 20 persen, termasuk Indonesia.

Meski punya uang untuk naik haji, bagi kaum muslim tak bisa serta merta bisa langsung terbang ke Arab Saudi. Banyaknya pendaftar haji membuat mereka yang sudah mendaftar harus menunggu nomor porsi yang diperoleh saat mendaftar mendapat giliran untuk diberangkatkan.

Saat ini dalam catatan Kementerian Agama, saat ini tercatat lebih dari 2 juta orang masuk dalam daftar antrean haji. Jumlahnya dipastikan terus bertambah setiap tahun. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL