Sumber: tabloidnpp.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua kalangan untuk memperkuat persaudaraan dan persatuan bangsa. Sebab, kita adalah bangsa yang besar. Demikian itu disampaikan Presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan peserta Halaqah Ulama dan Pimpinan Pondok Pesantren Jawa Barat (Jabar) Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (28/2) siang.

“Baik Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama muslim) maupun Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan sebangsa)  kita, sebagai saudara sebangsa dan setanah air,” ucapnya.

Sebagai kepala negara, Presiden Jokowi mengajak  para ulama untuk menyampaikan pesan ini kepada masyarakat, menyampaikan kepada lingkungannya, menyampaikan kepada santri-santrinya. “Baik dalam majelis tak’lim, dalam majelis-majelis yang lebih besar untuk menjaga merawat persatuan kita, merawat kerukunan kita, merawat persaudaraan kita, merawat ukhuwah kita,” ungkapnya.

Pada awal sambutannya, Presiden mengaku, dalam forum-forum internasional dirinya selalu menyampaikan bahwa Indonesia adalah  bangsa besar, negara  berpenduduk muslim terbesar di dunia. “Ini selalu saya sampaikan di konferensi-konferensi besar dunia. Bahwa di dalam pembukaan pasti saya sampaikan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar jangan sampai hanya karena beda pilihan politik persaudaraan kita jadi rusak atau tidak rukun lagi. “Akan sangat rugi besar gara-gara politik (jika tidak rukun lagi),” tandasnya. (aw/setkab).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*