Sumber: antaranews.com

Kamboja, Liputanislam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Jusuf Kalla menyampaikan rasa bangganya terhadap keberagaman budaya bangsa Indonesia. Melalui pilar kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia menekankan pentingya persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan toleransi dan moderasi, Indonesia berhasil mengembangkan budaya yang sangat beragam.

Hal itu disampaikan Wapres saat memberikan pidato pada Peluncuran Resmi Dewan Kebudayaan Asia (ACC) di The Elephant Terrace Angkor Park, Kamboja, seperti dilansir republika.co.id, pada Rabu (16/1).

“Negara Indonesia mengakui keragaman budaya, seraya menekankan persatuan sebagaimana tercermin dalam moto dan prinsip negara kami, ‘Bhineka Tunggal Ika’ (Unity in Diversity),” ucapnya.

Menurutnya, Asia merupakan benua yang terkaya dalam hal budaya Negara-negara Asia memainkan peran penting dalam kemajuan budaya. “Negara-negara Asia memainkan peran penting dalam kemajuan budaya dan peradaban global,” ujarnya.

Mengutip Kahlil Gibran ‘Biarkan perbedaan kebudayaan menjadi samudera yang menyatukan jiwa-jiwa kita’. Menurut Wapres JK, hal ini mengandung makna bahwa perbedaan budaya harus mempersatukan, bukan memisahkan. “Ada banyak kesamaan di antara budaya kita yang perlu kita kembangkan, untuk perbaikan kehidupan manusia secara keseluruhan,” ungkapnya.

“Saya percaya dewan ini dapat mempromosikan identitas anggota, sebuah identitas perdamaian, toleransi, dan kasih sayang orang Asia, semua ini sangat penting dalam membangun kembali peradaban dunia yang lebih damai,” tambah Wapres. (aw/republika).

 

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*