Foto: Muhammad Choiruddin Syah/CNNIndonesia

Foto: Muhammad Choiruddin Syah/CNNIndonesia

Jakarta,LiputanIslam-Penggemar kopi di Indonesia boleh berbangga, karena salah satu barista atau ahli meracik kopi asal Indonesia memenangi sebuah kompetisi barista Internasional Vergnano 2014 di Paris, Perancis.

Seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Muhammad Choiruddin Syah (25), yang merupakan satu-satunya wakil Asia, mampu menyisihkan enam finalis dari Italia, Polandia, dan Belarusia dalam ajang internasional itu.

Irul begitu panggilan akrab Muhammad Choiruddin Syah tak pernah berpikir untuk menang. Ia mengaku mengikuti ajang tersebut hanya sebagai bentuk kecintaannya terhadap dunia barista.

Keseharian Irul melayani pelanggan di restoran Umabo, Jakarta Selatan. Untuk berangkat ke Perancis bukan perkara yang mudah bagi Irul. Ia harus mengikuti proses seleksi yang cukup ketat mulai dari seleksi di Jakarta, dan Singapura. Begitu ketatnya persaingan, Irul sempat hampir tidak lolos seleksi karena terpaut skor yang sangat tipis saat melawan rivalnya asal Taiwan.

Prestasi Irul sangat memuaskan saat beraksi di Vergnano. Irul mampu menyiapkan empat shot espresso, empat shot espresso macchiato, empat gelas cappuccino, dan 8 gelas cappuccino take away hanya dalam tempo 15 menit saja.

Kerja keras Irul akhirnya membuahkan hasil. Irul menyiapkan ajang kompetisi tersebut dengan menambah porsi latihan dari dua kali seminggu menjadi lima kali seminggu secara intensif selama tiga bulan.

Kini pengorbanan Irul yang harus mencicipi tujuh sampai delapan shot espresso saat sesi latihan terbayar sudah. Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL