Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) saling bergandengan tangan. Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa Banser dan Kokam akan menjalin kerjasama yang lebih konkret, seperti program kemanusiaan dan kebencanaan.

Hal itu disampaikan Haedar usai pertemuan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dilansir nu.or.id, pada Kamis (1/11).

“Insyaallah nanti Banser dan Kokam, pemuda Muhammadiyah, akan kerja bersama program kemanusiaan, program kebencanaan, sebagai program ta’awun (saling tolong menolong),” ungkapnya.

Menurut Haedar, potensi yang dimiliki Banser dan Kokam sangat besar. Oleh karena itu, keduanya sebagai pemuda Indonesia perlu difasilitasi untuk hal-hal yang lebih nyata manfaatnya untuk masyarakat.

Sementara saat dikonfirmasi, Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengatakan bahwa Muhammadiyah dan NU itu berasal dari akar yang sama. Menurutnya, kerjasama itu merupakan upaya menyatukan visi.

“Menggali saja akar yang sama itu, kemudian menyatukan dalam visi yang sama itu ke depan untuk kerjasama yang lebih baik ke depan,” ucapnya.

Sebelumnya, Banser dan Kokam pernah mengadakan apel bersama di Prambanan Yogyakarta pada Sabtu (16/12/2017). (ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*