Sumber: kabartuban.com

Tuban, LiputanIslam.com– Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Timur, HM Syafiq Syauqi menyatakan bahwa membantu pengamanan gereja pada acara perayaan Natal tidak mengurangi kadar keimanan anggota Banser dan dirinya sebagai Muslim. Bahkan menurutnya, menjaga kedamaian acara Natal merupakan bentuk persaudaraan antar umat beragama.

“Menjaga dan mengamankan gereja tidak mengurangi sedikit pun kadar keimanan kita, bahkan memupuk persaudaraan dengan umat Nasrani sebagai sesama anak bangsa,” ucapnya di Tuban, Jawa Timur, seperti dilansir NU Online, pada Senin (25/12).

Menurut Syafiq, turunnya Banser pada perayaan Natal  atas permintaan aparat hukum untuk membantu pengamanan. Banser juga sama sekali tidak merasa canggung menjaga gereja, karena pihaknya menganggap umat Kristiani adalah saudara.

Ia menjelaskan bahwa sejak sore Banser telah turun ke lapangan untuk pengamanan. “Sejak 24 sore sampai dengan 25 Desember, anggota kami telah kami turunkan ke gereja untuk menjaga saudara kita yang sedang merayakan natal.” Ungkapnya.

Sementara, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Tuban, Ahmad Syafii menyebutkan pasukan Banser yang tersebar di gereja-gereja wilayah kota sebanyak dua pleton. Satu pletonnya terdiri sekitar 70 orang dan ditambah 10 tim intel dari Banser. “Khusus di kota ada dua pleton Banser. Kalau ditotal yang ikut mengamankan di seluruh kecamatan kurang lebih bih 300 personil,” terangnya. (Ar/NU Online/KabarTuban).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*