Bandara Gusti Ngurah RaiDenpasar, LiputanIslam.com – Anda pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan saat berada di bandara? Misalnya, ketika Anda sedang menunggu untuk dijemput, namun tidak ada tempat yang tersedia untuk duduk. Jika yang ditunggu segera datang, tentulah tidak menjadi masalah besar. Namun apa yang harus kita lakukan jika kita menunggu selama berjam-jam?

Setiap penumpang pastinya mengharapkan kenyamanan saat berada di bandara. Namun di beberapa bandara Indonesia, hal ini terasa sulit terwujud. Lorong-lorong yang tampak gelap dan menyeramkan, tidak banyak tersedia tempat duduk, ataupun tingkat kebersihan yang rendah adalah sebagian kecil dari masalah yang kerap kita jumpai di Tanah Air.

Namun tidak demikian halnya dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang tahun ini naik ke peringkat 60 dunia. General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado mengungkapkan, peringkat tersebut diperoleh dari Airport Service Quality (ACI), lembaga internasional yang fokus pada pengembangan standar pelayanan bandara di dunia. Peringkat ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada 2012 di posisi ke-212 dari 365 bandara di seluruh dunia.

Dia menuturkan, tingkat kepuasan Bandara Ngurah Rai hanya 2,9 dari skala 5 atau di peringkat ke-212 pada 2012. Pada akhir 2014, hasilnya cukup memuaskan. Berdasarkan pengukuran Airport Service Quality triwulan ketiga tingkat kepuasan pengguna bandara meningkat dengan nilai 4,2 atau di peringkat 60 dunia.

“Kami mendapatkan peringkat ke-60 juga tidak mudah. Berbagai perbaikan kami lakukan. Sebelumnya kami mendapatkan peringkat ke-212,” kata Herry, seperti dilansir Kompas, 5 Maret 2015.

Dia menuturkan, rekomendasi yang diberikan ACI segera ditindaklanjuti seperti penambahan troli, penambahan kursi di ruang tunggu, kualitas ruangan, kebersihan, jumlah toilet, dan masih banyak lagi.

“Yang dinilai ACI tidak hanya dari prespektif penumpang, tetapi seluruh pengguna jasa bandara. Termasuk di dalamnya airline dan air crew. Dari hasil pengukuran awak, kami menerima banyak rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan, mulai dari fasilitas hingga perbaikan prosedur,” ungkapnya.

Selain itu, guna meningkatkan pelayanan dan kemudahan buat penumpang, tahun ini semua troli yang ada di bandara akan diganti. Saat ini, troli di bandara terdapat 2.000 buah dan akan ada penambahan 1.500 troli baru. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*