Sumber: Liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) menggelar Istighosah kubro tepat di dekat Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta. Istighosah itu mengangkat tema ‘Menghadirkan Islam Nusantara yang Berkemajuan untuk Indonesia Raya’. Ketua Umum Bamusi Hamka Haq dalam sambutannya menyampaikan, bahwa KH Hasyim Asy’ari mempunyai andil besar dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“KH Hasyim Asy’ari adalah ulama yang diminta langsung Bung Karno untuk mencetuskan jihad nasional,” ungkap Hamka Haq saat memberi sambutan di Istighatsah Kubro Bamusi, pada Sabtu (15/4).

Hamka menjelaskan, berkat fatwa jihad itu perjuangan membela Tanah Air jadi menggelora seantero Nusantara. Oleh karena itulah, ia mengingatkan kepada segenap generasi penerus bangsa untuk bersama-sama menjaga kemerdekaan yang susah payah diraih. Hamka juga mengajak  umat Islam untuk memaknai rahmatan lil alamin secara tepat.

Menurutnya, Salah satu tanda Islam yang rahmatan lil alamin adalah menebar kasih sayang juga perdamaian. “Kalau ada orang menegasikan orang yang berlainan suku dan agama, atau etnis, sebenarnya dia bukan Islam rahmatan lil alamin. Sebab Islam itu rahmat bagi semesta,” terangnya.

Hamka juga menyampaikan, bahwa Islam yang ada di Indonesia adalah toleran, penuh damai, dan menghargai ragam perbedaan. Dengan model ini pula, Islam berkembang dan tumbuh sejak zaman Walisongo hingga kini. Islam Indonesia juga sangat terikat erat dengan ketaataan kepada Pancasila dan UUD 1945.

Ia mengaku, hal itu sesuai dengan visi Baitul Muslimin untuk mewujudkan Islam Indonesia yang berkemajuan. “Itu sesuai dengan moto yang diusung Baitul Muslimin yaitu Menghadirkan Islam Nusantara yang Berkemajuan untuk Indonesia Raya,” ujarnya.

Wakil Ketua MKD DPR tersebut juga mencontohkan bagaimana menjalankan ajaran islam sesuai dengan prinsip bernegara, yakni ketika memilih calon pemimpin.”Maknanya kita harus memilih pemimpin yang jujur, memikul amanah. Yang menyapa dan rela disapa warganya,” tuturnya. (Ar/Liputan6/Republika/RMOL).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL