time

foto; time.com

LiputanIslam.com–Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar atau bekerja di negara lain membuat seseorang menjadi lebih fleksibel kreatif dan menjadi pemikir yang kompleks.

Menurut situs TIME.com, bagaimana hal tersebut bisa mengubah seseorang menjadi lebih baik? tentu saja seseorang yang pernah belajar atau bekerja di luar negeri memiliki banyak souvenir dan beberapa barang kenangan berharga lainnya. Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja, melainkan juga membawa kemampuan baru untuk berpikir lebih komplek dan kreatif dan mungkin saja seseorang secara profesional bisa lebih sukses sebagai hasilnya.

Hal tersebut didasarkan pada sebuah penelitian tentang efek atau pengaruh memiliki pengalaman bekerja dan belajar di luar negeri. Sebagai salah satu contoh: Sebuah penelitian yang dilakukan oleh William Maddux, seorang professor yang meneliti perilaku di INSEAD, menemukan bahwa diantara para siswa yang mendaftar di jurusan MBA yang memiliki sikap terbuka dan adaptif terhadap budaya asing ternyata mampu menghubungkan ide-ide yang berbeda. Dan juga hal tersebut berpengaruh terhadap jumlah tawaran pekerjaan yang mereka terima setelah program berakhir.

Secara umum Maddux menyimpulkan bahwa “Seseorang yang memiliki pengalaman internasional atau dapat mengidentifikasi lebih dari satu suku bangsa adalah seseorang yang mampu memecahkan masalah lebih baik dan menunjukkan tingkat kreatifitas yang lebih tinggi. Bahkan dari penelitian tersebut ditemukan bahwa seseorang yang memiliki pengalaman internasional biasanya mampu membuat sebuah bisnis baru atau produk baru yang di promosikan.

Angela Leung, seorang professor psikologi di Universitas Managemen Singapura yang juga meneliti hal serupa menemukan bahwa orang yang memiliki pengalaman hidup dengan kultur yang berbeda ternyata mampu lebih baik menciptaka ide-ide dan secara mengejutkan mampu menghubungkan konsep-konsep yang berbeda menjadi satu padu.

Namun Leung menggaris bawahi bahwa keuntungan belajar atau bekerja di luar negeri akan sangat bergantung pada personalnya masing-masing dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana mereka berada.

Sebagai kesimpulannya adalah belajar atau bekerja di negara lain dapat membuat seseorang menjadi pemikir yang lebih fleksibel, kreatif, dan kompleks selama jika mampu besedia beradaptasi dan belajar dari budaya lain. William Maddux menutup dengan sebuah pesan “Ketika di Roma, pelajarilah mengapa orang-orang Romawi melakukan apa yang mereka lakukan”. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL