Andika Dwiparana Suherman Natawirya/ITS

Andika Dwiparana Suherman Natawirya/ITS

Surabaya, LiputanIslam.com – Seorang mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, berhasil membuat Indonesia bangga dikancah dunia. Andika Dwiparana Suherman Natawirya, mahasiswa Jurusan Teknik Fisika (JTF) ITS yang berhasil meraih juara pertama Social Venture Challenge (SVC).

Dalam kompetisi proyek sosial dalam ajang bergengsi Harvard World National Model United Nations (HWMUN), Andika mengenalkan angklung, alat musik yang terbuat dari bambu asal Jawa Barat, sebagai tema proyeknya.

Seperti dilansir dari halaman resmi ITS (14/3/2015), Andika yang merupakan anak bungsu dari dua bersaudara tersebut memang dikenal jatuh cinta pada budaya Indonesia.

Andika yang juga lahir di Bandung menganggap alat musik asli Jawa Barat tersebut sebagai proyek sosialnya hingga mendapatkan gelar juara yang berlangsung di Korea Selatan.

“Ide proyek sosial yang dilombakan di SVC ini adalah House of Angklung Surabaya, sebuah sanggar ekspansi dari komunitas angklung untuk mempertahankan eksistensi angklung melalui pengajaran, pertunjukkan, hingga penyediaan souvenir angklung,” tutur Andika.

Andika berhasil memukau para juri dengan beberapa media pendukung proyeknya. Diantaranya adalah video pertunjukkan, model angklung tiga dimensi, prototype website, penjualan souvenir untuk smartphone, business canvas, hingga protoype souvenir angklung dibawanya sebagai elemen pendukung.

Hasilnya memang tidak mengecewakan, Andika berhasil mendapatkan gelar Resolution Fellowship, keanggotaan Resolution Project seumur hidup, sebuah kamera digital, tanda penghargaan dan sejumlah uang diterimanya. Uang senilai U$ 3000 (Rp 39 juta) selanjutnya akan digunakan untuk mendukung pengembangan proyek agar dapat terus eksis. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL