Sumber: nu.or.id

Jombang, LiputanIslam.com– Putri sulung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid mengatakan bahwa Gus Dur merupakan sosok yang sederhana dan apa adanya. Gus Dur menyukai humor dan zuhud terhadap kekuasaan. Oleh karena itu, Alissa berharap kita semua dapat meneladani Gus Dur.

“Semoga kita bisa meneladani zuhudnya (Gus Dur, red) dari kekuasaan dan materi. Semoga kita bisa meneladani humornya untuk menertawakan dirinya sendiri,” ucap Alissa saat memberikan sambutan pada malam puncak Haul ke-8 Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, seperti dilansir NU Online, pada Jumat (29/12).

Menurutnya, Gus Dur lebih senang ditertawakan daripada dipuja-puja. Oleh karenanya, acara haul tersebut bukan untuk memuja-muja Gus Dur. “Kita di sini bukan untuk memuji-muji Gus Dur. Beliau lebih senang ditertawakan dari pada dipuji-puji,” ungkapnya.

Di dekat maqbaroh Almaghfurullah KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid itu, Alissa juga mengajak untuk mencontoh Gus Dur yang selalu melantunkan Syi’ir I’tirof gubahan Abu Nawas untuk selalu mengingat kesalahan dan kekurangan sebagai makhluk yang kecil.

“Semoga kita bisa meneladani almaghfurullah sebagai makhluk yang penuh dosa sehingga beliau setiap hari selalu melantunkan syi’ir untuk mendapatkan ampunan,” kata Alissa.

Alissa juga mengungkapkan bahwa inspirasi Gus Dur akan selalu ada bersama kita. “Yang tertinggal dari pemakaman adalah jasad. Tapi sosoknya akan pulang bersama peziarah dan penuh inspirasi,” tambahnya. (Ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL