Sumber: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Pelaksana Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) M. Ali Yusuf menyatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh. Menurut Ali Yusuf, saat ini ada sekitar 350 ribu pengungsi Rohingya di Bangladesh yang sangat membutuhkan bantuan.

“Sangat perlu bantuan kemanusiaan,” ujar Ali Yusuf di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, seperti dilansir NU Online, pada Kamis (14/9).

Menurutnya, ada beberapa macam bantuan yang akan dikirimkan ke Bangladesh untuk para pengungsi Rohingya di sana. Bantuan itu diantaranya adalah obat-obatan, makanan, air, dan alat-alat kesehatan. Selain itu, nantinya di tengah tempat pengungsian akan didirikan rumah sakit. “Untuk praktik pelayanan kesehatan di situ,” terangnya.

Ali Yusuf yang juga menjabat Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) ini menjelaskan bahwa bantuan akan diberikan dalam beberapa tahap. Untuk rombongan tahap pertama akan diberangkatkan ke Bangladesh pada 22 September 2017 dan mereka berada di sana selama dua minggu. Sedangkan rombongan tahap kedua akan diberangkatkan pada awal Oktober 2017.

“Hari Minggu ini (17 September) sudah ada yang berangkat lima orang untuk melihat lokasi dan menyiapkan segala hal,” ungkapnya.

Ali Yusuf mengaku, pihaknya juga berencana akan mengirimkan bantuan bagi etnis Rohingya yang masih berada di Rakhine State Myanmar. Saat ini, masih menunggu izin dari pemerintah Myanmar. “Mungkin dalam waktu dekat akan kita kirimkan bantuan tersebut (ke Rakhine),” ucapnya. (Ar/NU Online).

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL