Sumber: kemdikbud.go.id

Denpasar, LiputanIslam.com– Pembukaan Kejuaraan Debat Pelajar Sedunia atau World School Debating Championship (WSDC) tahun 2017 berlangsung  di Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar, Bali, Rabu malam (2/8). Berbagai kesenian dan budaya Indonesia, seperti tari –tarian berhasil memeriahkan acara itu. Bahkan alat musik tradisional Angklung berhasil membuat kagum para pelajar asing yang hadir pada acara pembukaan debat sedunia tersebut.

Pelajar dari Republik Ceko, Timofez Kozuchov mengatakan bahwa ini kali pertamanya ia datang ke Indonesia. Ia mengaku sangat kagum dengan seni dan kebudayaan Indonesia. Menurutnya, budaya Indonesia sungguh luar biasa. Bahkan Timofez mengaku, ia ingin belajar lebih dalam cara memainkan Angklung.

“Ini adalah sesuatu yang sangat berbeda, yang tidak pernah saya temukan sebelumnya . Saya sangat senang sekali, karena musik adalah hobi saya, dan angklung adalah alat musik yang sangat berbeda. Saya ingin mempelajari angklung lebih dalam lagi,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan pelajar Republik Ceko lainnya, Katerina Adamkova. Ia menyatakan, bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik. Ia memandingkan dengan negaranya yang tidak memiliki alat musik tradisional seperti angklung. “Saya sangat menikmati suasana saat seluruh peserta WSDC 2017 memainkan angklung secara bersama-sama. Sangat luar biasa,” serunya.

Dalam pembukaan WSDC 2017 di Bali, angklung dibagikan ke sekitar 450 peserta WSDC 2017 dan tamu yang hadir. Setiap orang menerima sebuah angklung. Mereka bersama-sama belajar bermain angklung dengan arahan dari Saung Angklung Mang Udjo, sebuah sanggar seni dari Bandung, Jawa Barat. Alat musik yang terbuat dari bambu ini dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si, dan do (tinggi). Satu angklung memiliki bunyi yang berbeda, karena hanya mengeluarkan bunyi satu tangga nada. (Ar/ Kemdikbud).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL