Sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Provinsi Aceh resmi dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) Pendidikan Agama Islam (PAI) ke-8. Perhelatan nasional yang akan dihadiri oleh perwakilan setiap daerah di Indonesia ini rencananya akan digelar pada 9-14 Oktober 2017 mendatang. Pentas PAI yang diselenggarakan di kota Serambi Mekkah ini mengangkat tema “Merawat Keberagaman, Memantapkan Keberagamaan”.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag), Prof Kamaruddin Amin menyatakan tema itu dipilih untuk menunjukkan bahwa identitas keberagaman bangsa Indonesia harus terus dijaga dengan memupuk paham keagamaan yang menghargai terhadap sesama. “Karena dengan beragama yang kuat, manusia bisa merawat keberagaman,” ujarnya di Jakarta, pada Jumat (6/10).

Sementara, Direktur Pendidikan Agama Islam (Direktur PAI), Imam Safei menyampaikan bahwa penyelenggaraan di Aceh ini merupakan Pentas PAI pertama di luar pulau Jawa. Menurutnya, hal ini untuk menegaskan bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta. “Ini menegaskan bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta,” ucapnya.

Menurutnya, Aceh menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta yang berjumlah sekitar 1.200 orang. Mereka akan disuguhkan berbagai pertunjukkan menarik berbasis tradisi dan budaya Aceh. hal itu, lanjut Imam, penting untuk menunjukkan kepada anak-anak tentang arti Indonesia yang sesungguhnya.

“Penunjukan Aceh ini penting agar anak-anak tidak hanya bernyanyi ‘dari Sabang sampe Merauke’, tapi mereka betul-betul mengunjunginya. Pentas PAI ini juga sangat strategis untuk menyosialisasikan Islam rahmatan lil alamin,” terangnya.

Pentas PAI ini akan dibuka langsung oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Sementara perlombaannya yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Nasyid, Lomba Debat PAI, dan Lomba Kreasi Busana. (Ar/NU Online).

 

 

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL