Illustrasi/Lifehack

Illustrasi/Lifehack

LiputanIslam.com – Kemajuan dalam bidang teknologi dan hubungan secara global melalui internet membuat setiap orang penting untuk menulis. Menulis bisa dilakukan dari hal-hal yang sederhana. Mulai dari update status di facebook bahkan untuk sekedar melakukan kuliah twitter (kultwit) semua dilakukan dengan cara menulis diatas papan ketik atau mengetuk-ngetuk papan layar smartphone. Semuanya bisa dilakukan dan dapat menyatukan suara seluruh penduduk bumi hanya dalam satu buah tanda pagar(tagar).

Namun demikian, mungkin akan lebih nyaman bila memulai dengan sebuah blog atau website sehingga semuanya bisa lebih terarsip. Tapi, bagi beberapa orang menulis itu sulit, padahal keseharian mereka tidak lepas dari kegiatan yang menurut mereka sulit. Nah, jika memang ingin memulai untuk menulis, maka kamu mungkin perlu mengetahui 7 tip lifehack.org, berikut:

1. Menulis untuk diri sendiri
Cari tahu apa yang menjadi passion kamu dalam menulis. Apakah menulis sekedar mencatat kejadian lucu, pengalaman berurusan dengan birokrasi, pengalaman dalam menghadapi anak-anak atau yang berhubungan dengan hobi. Tak salah juga jika memulia dengan sebuah puisi atau lagu yang kamu sukai.

2. Jangan Berharap Menulis Menghasilkan Uang
Kesalahan penulis pemula adalah berharap mendapatkan pundi-pundi uang. Padahal, beberapa penulis besar berangkat dari betapa pentingnya orang lain mendapatkan informasi yang pertama kali ia dapatkan. Bahkan hanya sekedar menyalurkan hobi berimajinasi dalam sebuah ceirita. Terkadang tidak sedikit juga yang ingin menceritakan kisah perjalanan hidupnya dengan semata-mata agar bermanfaat bagi orang lain.

3. Menulis, Menulis, dan Menulis
Menulislah tanpa berpikir. Ikuti saja kemana imajinasinya berkembang. Jangan pernah berpikir bahwa tulisan tersebut salah atau benar. Jika sudah rampung kelak, barulah kamu bisa membaca kembali sebagai seorang pembaca dan bukan sebagai seorang penulis yang mengagumi karyanya sendiri. Jangan pikirkan apa-apa dan teruslah menulis.

4. Belajarlah untuk Berbagai Pekerjaan dan Menyerap Opini disekitar kita.
Mulailah untuk meminta pendapat orang terdekat tentang tulisan kita. Serap semua nasihat positif dari mereka yang benar-benar mendukungmu. Jangan pula marah ketika orang lain tidak menyukai tulisan kamu. Seraplah opini negatifnya tentang tulisanmu, siapa tahu itulah yang membuat tulisanmu akan semakin lebih baik. (fie)

Next…

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL