Illustrasi/Lifehack

Illustrasi/Lifehack

LiputanIslam.com – Kemajuan dalam bidang teknologi dan hubungan secara global melalui internet membuat setiap orang penting untuk menulis. Menulis bisa dilakukan dari hal-hal yang sederhana. Mulai dari update status di facebook bahkan untuk sekedar melakukan kuliah twitter (kultwit) semua dilakukan dengan cara menulis diatas papan ketik atau mengetuk-ngetuk papan layar smartphone. Semuanya bisa dilakukan dan dapat menyatukan suara seluruh penduduk bumi hanya dalam satu buah tanda pagar(tagar).

Namun demikian, mungkin akan lebih nyaman bila memulai dengan sebauh blog atau website sehingga semuanya bisa lebih terarsip. Tapi, bagi beberapa orang menulis itu sulit, padahal keseharian mereka tidak lepas dari kegiatan yang menurut mereka sulit. Nah, jika memang ingin memulai untuk menulis, maka kamu mungkin perlu mengetahui 7 tip lifehack.org, berikut:

Previous…

5. Selesaikan Tulisanmu

Beberapa penulis barangkali akan setuju bahwa hal yang paling sulit adalah menyelesaikan sebuah tulisan yang telah dimulai. Cara terbaik untuk menyelesaikan sebuah tulisan adalah menetapkan target kapan tulisan tersebut harus selesai. Entah satu bulan, dua minggu, satu minggu, satu hari atau bahkan dalam waktu hitungan jam. Carilah cara bagaimana agar kamu bisa terus terinspirasi untuk komitmen menyelesaikan tulisanmu. Bisa dengan menenpel poster orang yang kamu kagumi atau kata-kata mutiara yang mampu memberikan semangat kepadamu.

6. Biarkan Pena/Keyboard Membimbingmu

Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa “Menulis sebuah novel ibarat mengemudikan sebuah mobil di malam hari. Kamu hanya dapat melihat jalanan sejauh jangkauan lampu, tetapi dengan cara demikian kamu bisa mencapai tujuan.” E.L. Doctorow

Jangan pernah memaksakan diri untuk menghabiskan waktu dengan tumpukan bab yang harus diselesaikan. Seperti pepatah, ikutilah dengan tingkat kemampuanmu. Jika hari ini hanya bisa menulis satu lembar sampai dengan tiga lembar maka lakukanlah setiap hari. Sedikit namun konsisten. Niscaya tulisanmu akan selesai.

7. Connect

Hadirnya internet membuat semua terkoneksi dengan mudah. Dengan begitu untuk menjadi seorang penulispun akan terasa lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan berbagai inspirasi orang-orang hebat melalu sebuah internet. Banyak pula penulis yang terus memberikan inspirasi para penulis muda. Itulah yang terus menerus akan membakar semangat para penulis muda.

Selanjutnya, jika kamu ingin memulai menulis dengan niat bahwa menulis bisa menguntungkan, maka teruslah berharap bahwa jalan kesuksesan itu ada di ujung jalan. Yang perlu kamu lakukan saat ini adalah teruslah menulis agar mendapatkan banyak pengalaman, hingga akhirnya tulisanmu akan menemukan nasibnya sendiri. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL