foto: nova100.com

foto: nova100.com

LiputanIslam.com-Sebagai salah satu pengguna sosial media terbesar, Indonesia merupakan target market masa depan yang menjanjikan bagi raksasa sosial media. Terbukti bahwa bos Facebook, Mark Zukerberg sempat bertandang ke Indonesia untuk melanggengkan bisnisnya di masa mendatang dengan mendukung program perbaikan infrastruktur internet di Indonesia. Sayangnya hal tersebut tidak seiring dengan semakin dewasanya pengguna sosial media di Indonesia. Belakangan, sosial media menjadi ajang pertarungan hebat yang tak kunjung selesai dari dua pihak yang bertikai.

Maka, untuk menghentikan hal tersebut ada baiknya pengguna facebook mulai memperhatikan lebih seksama update status yang dapat membuat orang lain meradang bahkan merasa terganggu dengan hal-hal yang kurang memberikan manfaat bagi yang membacanya. Seperti yang diolah dari thoughtcatalog.com, berikut adalah status-status yang perlu dihindari.

1. Mengeluh

“Aduh, hari ini saya bete banget deh!”

Keluhan tidak perlu lagi diungkapkan di sosial media. Karena tidak ada teman yang ingin membaca keluhan dari setiap orang. Mungkin hanya sebagian kecil saja yang memperhatikan, sebagian besarnya justru akan mengabaikan bahkan membenci sebuah keluhan.

2. Membuat Orang Jantungan

“Lagi di UGD nih!”

Tidak baik jika memberikan kabar yang mengejutkan dengan keterangan yang sangat minim. Semua orang akan menduga-duga dengan berbagai macam hal. Jika mengalami kecelakaan, ada baiknya tidak perlu mengunggahnya di sosial media. Lebih bijak cukup hubungi keluarga untuk segera diberikan tindakan atau pertolongan.

3. Pesan Khusus Pada Seseorang

“Aku tau kamu sedang online. Kenapa telponnya tidak dijawab?”

Membuat status yang terkesan menyindir hanya sia sia belaka. Terlebih malah orang yang disindir belum sadar bahwa dirinya sedang disindir. Bisa jadi malah orang lain yang merasa tersindir.  Cobalah untuk langsung mengungkapkan apa yang perlu disampaikan pada orang yang dituju.

4. Bersih-Bersih Teman

“Baru aja ngebersihin daftar teman, kalau kamu baca status ini, selamat yah”

Jika memang harus melakukan bersih-bersih teman di sosial media, tidak perlu melakukan konfrensi pers.

5. Tiap Menit Update

“mau mandi”, “mau makan”, “mau bobo”

Update status seperti ini jelas akan membuat orang lain merasa terganggu. Siap-siap saja di-unfriend.

6. Terlalu Banyak Tanda Pagar

Tanda pagar digunakan untuk melakukan monitoring terhadap suatu topik yang sedang dibahas di sosial media. Agar mudah mengumpulkan dan memonitornya digunakanlah hashtag atau tanda pagar. Namun jika terlalu banyak tanda pagar justru hal tersebut berlebihan. Gunakan cukup satu atau maksimal tanda pagar yang sangat pendek. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL