Foto: Androidpit.com

Foto: Androidpit.com

LiputanIslam.com-Android telah menjadi platform smartphone raksasa di dunia setelah Apple, yang cukup mudah untuk digunakan, juga banyak ruang yang bisa di kostumisasi karena bersifat open source. Ada beberapa langkah mudah untuk membuat pengalaman menggunakan Andorid jauh lebih baik dari sebelumnya. Caranya sangat sederhana semudah membuat sebuah folder, sehingga kamu tidak perlu menambah kapasitas memori lagi demi menjaga smartphone Androidmu.

Seperti yang telah di rangkum oleh The Business Insider yang dirilis oleh news.siliconindia.com, cukup ikuti beberapa langkah sederhana dibawah ini untuk menjaga ponsel kamu agar tetap bersih dan terorganisasi sehingga bisa menghemat energi batre seharian.

1. Menggunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga.

Setiap orang memiliki kebutuhan dan seleranya masing-masing. Maka ada banyak pilihan ketika harus menggunakan papan keyboard dalam smartphone. Misalnya swpye yang lebih menekankan sapuan pada keyboard sehingga lebih memudahkan dalam mengetik dalam bahasa Indonesia baku sekalipun. Terlebih sekarang sudah ada keyboard yang memberikan smiley atau emoji sehingga chat atau status akan lebih atraktif dengan menampilkan emoticon yang lucu dan mengekspresikan mood atau feeling kamu.

2.  Mengaktifkan Mode Power Savings

Sekali lagi, smartphone dirancang untuk terkoneksi dengan internet. Saat sinyal lemah baik melalui provider penyedia maupun karena lokasi berada di daerah terpencil yang sulit di jangkau, akan berpengaruh terhadap konsumsi daya baterai. Untuk itu ada baiknya juga bisa mengaktifkan fitur penghemat daya baterai. Jangan kaget bila beberapa koneksi seperti wifi atau sync tidak berfungsi untuk sementara waktu. Semakin sedikit fitur yang diaktifkan maka akan semakin menghemat baterai smartphone kamu.

3. Aktifkan Google Authenticator Agar Terhindar Dari Hacking

Google auntenticator memberikan keamanan lebih dengan verifikasi berjenjang. Ketika login pada salah satu fasilitas Google, maka pengguna biasanya akan diminta memasukkan kode khusus yang dikirim secara realtime melalui smarphone dengan nomor yang sudah didaftarkan. Dengan demikian, privacy akan lebih terjaga dan akun akan lebih aman dan tidak beresiko besar untuk dibobol cracker.

4. Gunakan Folder Agar Home Screen Terlihat Lebih Rapih

Aplikasi yang memenuhi homescreen selain memberikan kesan berantakan juga akan mempersulit ketika akan dibutuhkan atau ketika ingin dibuka karen harus mencarinya dalam tumpukan aplikasi yang ada. Agar lebih mudah, klasifikasikan aplikasi berdasarkan fungsi dan manfaatnya. Misalnya mengelompokkan semua jenis aplikasi yang berhubungan dengan game, produktifitas, utilitas atau bahkan aplikasi sosial media. Dengan begitu, Home Screen akan lebih nyaman di pandang.

5. Filter Kontak Yang Tidak Diinginkan

Terkadang ada beberapa nomor tidak dikenal yang berkali-kali menganggu saat anda bekerja atau bahkan saat anda beristirahat. Manfaatkan fitur filtering dan masukkan para “pengganggu” itu sehingga anda tidak perlu repot menanganinya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL