Foto: Illustrasi/lifehack.org

Foto: Illustrasi/lifehack.org

LiputanIslam.com – Kadang kala kita merasa gagal dari waktu ke waktu. Namun, hal tersebut merupakan perasaan biasa saja. Disisi lain kamu sebetulnya perlu mencari cara bagaimana memandang dirimu sendiri dan kehidupanmu dari sudut pandang yang berbeda. Terkadang kita memilih untuk menghiraukan hal-hal kecil.

Bukan berarti bahwa kamu bukanlah seorang miliarder, tidak tinggal di sebuah istana, dan tidak memiliki super car, hal-hal tersebut bukanlah sebuah tolak ukur bahwa kamu seorang yang gagal. Faktanya. beberapa hal ini justru menunjukkan hal yang sebaliknya.

Seperti diadaptasi dari lifehack.org, berikut adalah 20 tanda-tanda bahwa kamu berada di jalur kesuksesan:

1. Dramatisasi hubungan kamu berkurang dari biasanya.

Drama bukanlah sebuah kedewasaan. Dalam usia kita saat ini, kita harus mengembangkan kedewasaan kita. Jadi, barangkali hubungan kamu pada masa lalu cukup banyak diisi dengan dramatisasi, tetapi kalau saat ini kamu sudah move on, artinya kamu sukses.

2. Kamu tidak sungkan untuk meminta tolong dan memberi dukungan.

Meminta pertolongan pada orang lain bukanlah tanda kelemahan. Faktanya hal tersebut justru adalah sebuah kekuatan. Tidak ada satupun orang yang mampu sukses sendirian. Kesuksesan bermula dari sebuah kerjasama untuk mencapai target. Meminta pertolongan tanpa bermaksud mengerjai orang lain adalah salah satu ciri bahwa kamu sudah berkembang.

3. Kamu telah menaikkan standar diri.

Kamu tidak lagi mentoleransi kebiasaan buruk orang lain atau bahkan diri sendiri. Kamu tidak menghabiskan waktu dengan “energi negatif” dalam kehidupan kamu.

4. Kamu membiarkan hal-hal yang tidak membuat kamu lebih baik.

Hal ini bukanlah menunjukkan narsisme, meskipun hampir mirip. Mencintai atau menghargai diri sendiri adalah bentuk kesuksesan. Cintai dirimu dengan berani mengatakan “tidak” pada hal-hal yang membuat kamu tidak bahagia, tidak mendukung tujuan kamu, atau yang membuatmu menjadi down.

5. Kamu tahu kapan harus menghargai diri kamu sendiri.

Seharusnya kamu dapat mengapresiasi diri kamu sendiri setiap saat. Cintai diri kamu sendiri bahwa kamu itu hebat.

6. Kamu mampu belajar dari halangan dan kegagalan yang merupakan proses pendewasaan diri.

Tidak setiap orang dapat sukses 100%.  Hal tersebut tentu sangat tidak realistis. Kehidupan tak lebih dari sekedar kemenangan dan kekalahan. Jadi, pandanglah apa yang telah kamu lalui sebagai sebuah batu loncatan untuk melakukan yang lebih baik di kemudian hari. Sebetulnya tidak ada yang namanya kemunduran, hal tersebut justru merupakan bagian dari perjalanan yang menakjubkan.

7. Kamu memiliki dukungan dari orang lain yang siap melakukan apa saja untukmu.

Jika kamu sudah dapat membedakan mana orang yang tulus mendukngmu dan mana yang berpura-pura mendukungmu maka kamu telah sukses. Hal tersebut memang pahit, namun kamu belajar mengetahui intrik sebuah pengkhianatan, kamu bisa waspada dari orang-orang seperti itu. (fie)

Next…

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL