illustrasi/beritasatu

illustrasi/beritasatu

Jakarta, LiputanIslam.com – Tanoto Foundation melalui Tanoto Student Research Award (TSRA) kembali mendukung 12 tim peneliti muda dari empat universitas di Indonesia dengan memberikan dukungan hibah tahunan sebesar Rp100.000.000 untuk setiap universitas.

Keempat universitas yang merupakan mitra TSRA adalah Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Hassanudin, sebut siaran pers lembaga itu, Rabu, seperti dilansir dari Antara.

Pada Selasa (3/2), para tim peneliti dari universitas tersebut menunjukkan hasil penelitian mereka dalam berbagai bidang seperti pertanian, teknologi, dan lingkungan hidup di Jakarta.

Menurut Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti (Pusbindiklat Peneliti) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2013, Indonesia masih membutuhkan 200.000 peneliti di berbagai bidang untuk bisa mengejar ketertinggalan kemajuan teknologi dari negara lain. Melalui TSRA, Tanoto Foundation ingin menjadi bagian dari solusi permasalahan tersebut.

Tanoto Foundation selama ini dikenal sebagai sebuah yayasan yang memiliki kepedulian terhadap masalah kemiskinan. Yayasan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Tanoto lebih banyak memfokuskan dananya pada bidang pendidikan.

Dalam website resminya dikemukakan bahwa Bapak Sukanto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto berkeyakinan bahwa setiap orang memiliki hak yang sama dalam memperoleh kehidupan yang baik dan menjadi anggota masyarakat yang produktif. Salah satu hal utama yang diperlukan dalam mencapai kehidupan yang lebih baik adalah pendidikan. Namun demikian, pendidikan tidak dapat berjalan sendiri, melainkan harus didukung oleh pemberdayaan yang dapat memaksimalkan potensi ekonomi individu, rumah tangga dan komunitasnya. Selanjutnya, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat tersebut memerlukan dukungan dari lingkungan, baik berupa infrastruktur maupun berbagai fasilitas, sehingga masyarakat secara bersama-sama juga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*