Sumber: okezone.com

Kota Bengkulu, LiputanIslam.com– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr.H. Rohidin Mersyah resmi membuka Festival Tabot 2017 yang dipusatkan di lapangan Tugu Merdeka, Kota Bengkulu, pada Rabu (20/9) malam. Rohidin dalam sambutannya menyatakan bahwa festival Tabot merupakan ritual budaya dan religi yang sudah menjadi agenda tahunan Provinsi Bengkulu, sekaligus nasional.

“Festival ini tidak hanya ritual budaya dan religi, tapi juga bagian dari modal pembangunan sektor pariwisata. Tabot sebagai warisan budaya, akan kita laksanakan setiap tahun. Tentunya ke depan, terus kita tingkatkan kualitas festival juga nuansa budayanya,” ujar Rohidin.

Menurut Rohidin, festival Tabot sebagai bagian dari kekayaan budaya, diharapkan mampu membangkitkan sektor pariwisata Bengkulu. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Bengkulu untuk mendukung dan ikut meramaikan acara festival Tabot tersebut.

Setiap tahunnya festival Tabot berlangsung selama 10 hari. Dari 1 Muharrram hinga 10 Muharram. Ritual Tabot merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kesyahidan cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan melawan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala pada 10 Muharam 61 Hijriah (681 M).

Perayaan Tabot di Bengkulu pertama kali diadakan oleh Syeh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada tahun 1685. Syeh Burhanuddin menikah dengan wanita Bengkulu kemudian keturunannya disebut sebagai Kerukunan Keluarga Tabot (KKT). Sementara, ritual Tabot sesuai urutannya yakni mengambil tanah, duduk penja, meradai, merajang, arak penja, arak serban, gam atau masa tenang/berkabung dan arak gedang serta tabot terbuang.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria mengungkapkan, bahwa festival Tabot tahun ini selain acara resmi ritual dan doa, juga diisi dengan pameran produk unggulan dan lomba-lomba kesenian budaya Bengkulu.

“Festival ini diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara ke Bengkulu,” ucapnya. (Ar/Antara/Bengkulu News/RRI).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL