yunani jermanAthena, LiputanIslam.com — Pemerintah Yunani mengklaim Jerman harus membayar ganti rugi akibat pendudukan Jerman dalam Perang Dunia II, sebesar €279 miliar atau sekitar Rp 4.000 triliun.

Ini merupakan pertama kalinya pemerintah Yunani menghitung kerugian negara itu akibat pendudukan Jerman pada tahun 1940-an. Namun pemerintah Jerman menolak klaim tersebut dan menyebutkan bahwa masalah tersebut telah diselesaikan secara hukum bertahun-tahun yang lalu. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Selasa (7/4).

Pemerintahan sosialis Yunani merilis klaim tersebut di tengah upaya upayanya membayar cicilan hutangnya kepada Jerman yang mendekati batas akhir pembayaran. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dikabarkan telah menyampaikan masalah tersebut kepada Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin bulan lalu.

Angka kerugian Yunani yang diberikan oleh Deputi Menkeu Yunani Dimitris Mardas tersebut termasuk €10,3 miliar dana pendudukan yang dibayarkan Bank of Greece kepada Jerman selama pendudukan.

“Menurut perhitungan kami, hutang yang terkait dengan reparasi Jerman adalah 278,7 miliar euro,” kata Mardas kepada komisi parlemen yang tengah menyelidiki penanggungjawab krisis keuangan Yunani.

Menurut Mardas penghitungan tersebut dilakukan oleh kantor akuntansi negara.

Pada tahun 1960 pemerintah Jerman telah membayar 115 juta Mark Jerman sebagai kompensasi atas pendudukan Jerman terhadap Yunani tahun 1941. Namun Yunani mengklaim dana sebesar itu tidak termasuk gantirugi kerusakan infrastruktur, kejahatan-kejahatan perang dan dana pendudukan yang dibayar oleh Bank of Greece.

Jerman berkukuh masalah ganti rugi perang tersebut telah diselesaikan secara hukum dan politik pada tahun 1990, atau ketika Jerman belum bersatu.

Para politisi partai sosialis Syriza yang kini berkuasa telah berkali-kali mengecam Jerman atas pendudukannya di Yunani yang menimbulkan penderitaan rakyat.

PM Tsipras kini tengah mencoba menegosiasikan kembali pemberian talangan senilai €240 miliar oleh Uni Eropa dan IMF. Yunani tidak lagi mendapatkan talangan sejak Agustus 2014 lalu karena para kreditur Eropa kecewa dengan perkembangan politik di Yunani.

Hari Kamis besok (9/4) Yunani sudah harus membayar cicilan hutangnya kepada IMF sebesar €448 juta.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL