tripasAthena, LiputanIslam.com — Pemerintahan baru Yunani berjanji akan menjauhi IMF dan lembaga-lembaga donor internasional. Menkeu baru Yunani Yanis Varoufakis mengumumkan hal itu usai bertemu Presiden Eurogroup Jeroen Dijsselbloem, Jumat (30/1). Demikian Press TV melaporkan Jumat petang.

“Kami tidak akan bekerjasama dengan komite 3 anggota (troika) yang tujuannya untuk mengimplementasikan program-program yang kami anggap anti-Uni Eropa,” kata Varoufakis seraya menambahkan bahwa upaya menambah hutang dari negara-negara Uni Eropa tidak akan lagi dilakukan.

“Langkah ini akan memungkinkan kami untuk meraih dukungan rakyat Yunani,” katanya kepada wartawan usai pertemuan.

Pada tahun 2010, Yunani mengalami krisis keuangan yang mengakibatkan pemotongan sejumlah anggaran sosial dan anggaran pembangunan sebagai syarat pemberian bantuan senilai €240 miliar (setara Rp 3.000 triliun) oleh “troika”, yaitu Komisi Eropa, IMF dan Bank Sentral Eropa (ECB).

Sementara itu Dijsselbloem mengatakan bahwa Yunani harus menghormati komitmen-komitmen yang telah dibuat pemerintahan masa lalu. Ia menambahkan bahwa Eurogroup (forum Menkeu Uni Eropa) dan Yunani sama-sama memiliki kepentingan untuk memulihkan ekonomi Yunani.

Pada hari Rabu (28/1) PM Yunani yang baru terpilih, Alexis Tsipras secara terbuka menolak skema privatisasi yang dirancang “troika”.

“Kami datang dengan perubahan radikal atas kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah administrasi di negara ini,” kata Tsipras.

Ia juga mengumumkan pembatalan privatisasi sejumlah perusahaan strategis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*