Iran nuclear deal being implemented as planned: IAEA

International Atomic Energy Agency (IAEA) Director General Yukiya Amano attends the annual Munich Security Conference February 2, 2014.

Teheran, LiputanIslam.com — Kesepakatan nuklir yang dicapai antara Iran dan enam kekuatan dunia sedang dilaksanakan sesuai rencana, demikian laporan dari Badan Energi Atom Internasional ( IAEA ). Dalam pertemuan tertutup Dewan Gubernur dari  35 negara IAEA pada hari Senin, Direktur Jenderal badan nuklir PBB yaitu Yukiya Amano, memuji upaya Iran dalam melaksanakan kesepakatan bersejarah yang dicapai pada November lalu.

“Langkah-langkah yang dilakukan oleh Iran, dan komitmen lebih lanjut yang telah dilakukan merupakan langkah maju yang positif, tapi masih banyak yang harus dilakukan untuk menyelesaikan semua isu yang beredar,” kata Amano.

Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB – Rusia, Cina , Perancis, Inggris dan Amerika Serikat – plus Jerman telah menandatangani kesepakatan interim pada program energi nuklir Teheran di Jenewa, Swiss, pada tanggal 24 November tahun lalu. Kesepakatan pada perundingan tersebut yang dinamai Joint Plan of Action – Rencana Aksi Bersama, mulai berlaku pada tanggal 20 Januari. Pengumuman Amanon merupakan testimoni untuk perundingan babak baru Iran dan negara 5+1 mengenai program energi nuklir yang sedianya akan dilangsungkan di Wina, ibukota Austria.

Negosiasi antara kedua belah pihak yang ditujukan untuk mencapai kesepakatan akhir untuk sepenuhnya menyelesaikan sengketa permasalahan yang telah berumur satu dekade antara Barat dan program nuklir Iran. Teheran dan negara 5+1 akan memulai pembicaraan terbaru mereka pada 20 Februari 2014. (LiputanIslam.com/al-alam/AF)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*