Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi. Sumber: Roya News

Amman,LiputanIslam.com—Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, memperingatkan perubahan sikap Amerika terhadap pendudukan Israel di Tepi Barat akan membahayakan prospek perdamaian di Timur Tengah.

Melalui akun twitternya pada Senin (18/11) kemarin, ia menulis bahwa pendudukan Israel di Tepi Barat adalah aktivitas ilegal dan bisa menghancurkan solusi dua negara (Palestina-Israel) yang oleh negara-negara Arab dianggap sebagai satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan Israel-Palestina.

Baca: Pompeo, Amerika Mulai Legalkan Pendudukan Israel di Tepi Barat

Noura Erakat, seorang pengacara HAM Palestina, menulis: “Pernyataan Pompeo tentang kependudukan Israel sejalan dengan kebijakan Amerika di Timur Tengah dalam lima dekade terakhir. Kenyataan ini membuktikan egoisnya Trump dan pelanggaran yang berkelanjutan.”

Huwaida, seorang aktivis dan pengacara Amerika mengaku tidak terkejut dengan keputusan Amerika. “Sekali lagi, pemerintahan Trump menunjukkan penghinaan total terhadap hukum,” tulisnya di Twitter.

Menurutnya, pendudukan Israel tidak hanya ilegal berdasarkan hukum internasional, tetapi juga pantas disebut sebagai kejahatan perang. Tak ada satu pengakuan pun yang bisa mengubah kenyataan itu. (fd/Al-Jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*