yingluck2Bangkok, LiputanIslam.com — Mantan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra menolak semua tuduhan yang diarahkan terhadap dirinya dalam sidang perdana di Mahkamah Agung, Bangkok, Selasa (19/5).

Di luar persidangan, Yingluck mengatakan kepada para pendukugnya bahwa ia akan membuktikan bahwa ia tidak bersalah. Ia diancam hukuman 10 tahun penjara atas tuduhan penyalahgunaan kewenangan dalam program subsidi beras yang dianggap merugikan keuangan negara hanya untuk keuntungan politisnya.

Yingluck dipaksa mundur dari jabatannya bulan Mei tahun lalu setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan ia bersalah dalam kasus pengangkatan seorang pejabat tinggi. Tidak lama berselang militer melakukan kudeta terhadap pemerintahan sipil pengganti Yingluck yang berasal dari partai pendukungnya.

“Saya telah siap mengikuti sidang hari ini untuk mempertahankan diri saya. Saya berharap akan mendapatkan keadilan,” kata Yingluck seperti dikutip Reuters, dan dilansir oleh BBC News, Selasa (19/5).

Ia kembali mengklaim bahwa tuduhan terhadap dirinya bermotif politik, demi untuk mencegahnya berkiprah dalam aktifitas politik. Sidang selanjutnya akan digelar tanggal 21 Juli mendatang.

Sementara itu dalam sebuah penampilan yang sangat jarang, mantan perdana menteri yang juga kakak kandung Yingluck, Thaksin Shinawatra, mengatakan kepada pers di Seoul, bahwa ia percaya ‘demokrasi akan bisa bertahan’ di Thailand.

Pada bulan Januari lalu parlemen Thailand secara resmi menjatuhkan pemakzulan terhadap Yingluck, meski ia sudah tidak berkuasa. Selain itu ia juga dilarang berpolitik selama 5 tahun.

Sekelompok pendukung Yingluck yang berdiri di luar sidang, terus menyemangati Yingluck, meski di bawah hukum militer yang masih berlaku, kegiatan perkumpulan politik adalah dilarang.

“Yingluck, lawan, lawan!” Kata mereka ketika Yingluck tiba di depan gedung persidangan.

Yingluck berdalih program subsidi beras ditujukan untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah pedesaan. Namun para penentangnya menuduh program itu bermotif politik, dengan mengorbankan keuangan negara hingga miliaran dollar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL